Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Siaga Karhutla Sumsel, Tim RPK Sinar Mas Gelar Fire Fighters League IV 2023

Seluruh tim RPK dan TRC bertugas untuk mengawasi potensi terjadinya kebakaran dalam luas wilayah sekitar 574.000 hektare.
Simulasi pemadam api Regu Pemadam Kebakaran (RPK) Asia Pulp & Paper  Sinar Mas di Ogan Komering Ilir (OKI). /Bisnis-Husnul Iga Puspita
Simulasi pemadam api Regu Pemadam Kebakaran (RPK) Asia Pulp & Paper Sinar Mas di Ogan Komering Ilir (OKI). /Bisnis-Husnul Iga Puspita

Bisnis.com, PALEMBANG – Kegiatan Fire Fighters League IV tahun 2023 dari Regu Pemadam Kebakaran (RPK) perusahaan Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas di Ogan Komering Ilir (OKI) selesai digelar.

Kegiatan yang berlangsung sejak 31 Januari 2023 itu merupakan salah satu program untuk melihat kesiapan dari tim RPK APP Sinar Mas menghadapi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Sumatra Selatan (Sumsel) tahun 2023.

Fire Operation Management Head APP Sinar Mas Region OKI Panji Bintoro memaparkan bahwa kegiatan tersebut ditujukan untuk mengukur kapasitas dari RPK di masing-masing distrik.

“Kawan-kawan RPK dari beberapa distrik kita kumpulkan, kemudian dikompetisikan, untuk melihat kemampuan mereka. Itu merupakan salah satu persiapan kita,” Kata panji, Senin (6/2/2023).

Lebih lanjut Panji menerangkan, tim Fire APP Sinar Mas Region OKI sendiri memiliki sebanyak 369 personel dan 21 diantaranya merupakan Tim Reaksi Cepat (TRC).

“TRC berbeda dengan RPK, tapi mereka menjadi bagian dari RPK,” sambung Panji.

Jadi, TRC bertugas khusus untuk mendukung upaya deteksi dini dan reaksi cepat dalam upaya pencegahan dan pemadaman kebakaran.

Seluruh tim RPK dan TRC bertugas untuk mengawasi potensi terjadinya kebakaran dalam luas wilayah sekitar 574.000 hektare.

Namun, RPK APP Sinar Mas juga bertanggung jawab dalam cakupan wilayah 5 meter dari batas tersebut.

“Kita melihat berbagai aktivitas yang berpotensi untuk menimbulkan kebakaran, apalagi kalau di cuaca panas,” tegasnya.

Panji juga menyampaikan bahwa tingkat panas tahun ini yang diprediksi lebih tinggi, membuat timnya akan lebih memaksimalkan penjagaan dari tahun-tahun sebelumnya.

Bahkan, pihaknya juga telah memiliki sistem yang disebut Integratif Fire Management dengan empat tahapan mulai dari pencegahan, persiapan, deteksi dini hingga respon cepat.

Selain itu, beberapa teknologi baru seperti drone juga ikut dikerahkan untuk membantu mendeteksi titik api disetiap distrik lebih maksimal.

Hal itu menurut Panji sesuai dengan program “blanket” yaitu program yang memastikan setiap area diselimuti dengan deteksi.

Selain pemadaman melalui jalur darat, tim Fire APP Sinar Mas juga melakukan pemantauan dan pemadam kebakaran melalui penggunaan helikopter.

Terdapat dua jenis helikopter yang biasa digunakan yaitu Bell 412 dan Super Puma. (K64)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper