Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Kabupaten Kota di Provinsi Riau Bakal Dimekarkan, Ini Dampak Ekonominya

Ada 5 kabupaten kota yang diajukan yaitu Kota Baganbatu, Kota Duri, Kabupaten Rokan Darussalam, Kabupaten Kampar Kiri, dan Kabupaten Indragiri Selatan.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 02 Februari 2023  |  16:47 WIB
Kabupaten Kota di Provinsi Riau Bakal Dimekarkan, Ini Dampak Ekonominya
Kantor Gubernur Riau - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, PEKANBARU -- Perekonomian di Provinsi Riau diyakini bakal tumbuh lebih cepat dan semakin meningkat, apabila permintaan pemekaran daerah kabupaten dan kota yang diajukan masyarakat dapat diakomodir oleh pemerintah pusat. Pemprov Riau juga mendukung usulan tersebut.

Ekonom Universitas Riau Edyanus Herman Halim mengatakan adanya permintaan masyarakat untuk pemekaran daerah, tentu dengan berbagai pertimbangan salah satunya pemerataan ekonomi dan peningkatan pelayananan.

"Kami melihat daerah pengembangan baru yang diajukan seperti Bagan Batu dan Duri ini kan jauh dari jangkauan layanan pemerintahan. Apabila daerah ini dimekarkan tentu pelayanan masyarakat semakin mudah dan pengembangan ekonomi daerahnya kian meningkat," ujarnya, Kamis (2/2/2023).

Ada 5 kabupaten kota yang diajukan oleh Tim Inisiator Pemekaran Daerah Provinsi Riau, yaitu Kota Baganbatu, Kota Duri, Kabupaten Rokan Darussalam, Kabupaten Kampar Kiri, dan Kabupaten Indragiri Selatan.

Dari sisi ekonomi, daerah otonomi baru nantinya akan mendapatkan penyaluran anggaran dari APBN berupa dana alokasi umum dan dana alokasi khusus, serta bagian dana perimbangan yang setiap tahun disalurkan kepada kabupaten kota daerah penghasil sumber daya alam.

Menurut Edy, perekonomian di kabupaten kota pemekaran ini telah tumbuh dengan pesat sehingga apabila dimekarkan tentu akan ikut mendorong pertumbuhan ekonomi daerah di Provinsi Riau.

"Kami yakin sentra ekonomi dan pusat bisnis akan berkembang di kabupaten kota pemekaran nantinya, sehingga wilayah yang baru akan mampu berkembang di masa mendatang," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

riau pemekaran daerah
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top