Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kabupaten Kota di Provinsi Riau Bakal Dimekarkan, Ini Dampak Ekonominya

Ada 5 kabupaten kota yang diajukan yaitu Kota Baganbatu, Kota Duri, Kabupaten Rokan Darussalam, Kabupaten Kampar Kiri, dan Kabupaten Indragiri Selatan.
Kantor Gubernur Riau/Istimewa
Kantor Gubernur Riau/Istimewa

Bisnis.com, PEKANBARU -- Perekonomian di Provinsi Riau diyakini bakal tumbuh lebih cepat dan semakin meningkat, apabila permintaan pemekaran daerah kabupaten dan kota yang diajukan masyarakat dapat diakomodir oleh pemerintah pusat. Pemprov Riau juga mendukung usulan tersebut.

Ekonom Universitas Riau Edyanus Herman Halim mengatakan adanya permintaan masyarakat untuk pemekaran daerah, tentu dengan berbagai pertimbangan salah satunya pemerataan ekonomi dan peningkatan pelayananan.

"Kami melihat daerah pengembangan baru yang diajukan seperti Bagan Batu dan Duri ini kan jauh dari jangkauan layanan pemerintahan. Apabila daerah ini dimekarkan tentu pelayanan masyarakat semakin mudah dan pengembangan ekonomi daerahnya kian meningkat," ujarnya, Kamis (2/2/2023).

Ada 5 kabupaten kota yang diajukan oleh Tim Inisiator Pemekaran Daerah Provinsi Riau, yaitu Kota Baganbatu, Kota Duri, Kabupaten Rokan Darussalam, Kabupaten Kampar Kiri, dan Kabupaten Indragiri Selatan.

Dari sisi ekonomi, daerah otonomi baru nantinya akan mendapatkan penyaluran anggaran dari APBN berupa dana alokasi umum dan dana alokasi khusus, serta bagian dana perimbangan yang setiap tahun disalurkan kepada kabupaten kota daerah penghasil sumber daya alam.

Menurut Edy, perekonomian di kabupaten kota pemekaran ini telah tumbuh dengan pesat sehingga apabila dimekarkan tentu akan ikut mendorong pertumbuhan ekonomi daerah di Provinsi Riau.

"Kami yakin sentra ekonomi dan pusat bisnis akan berkembang di kabupaten kota pemekaran nantinya, sehingga wilayah yang baru akan mampu berkembang di masa mendatang," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper