Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mendikbud Ristek Nadiem Sebut Program MBKM Terbukti Lahirkan Mahasiswa Berprestasi

Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sudah bukan sekadar kebijakan tapi sudah jadi gerakan.
Muhammad Noli Hendra
Muhammad Noli Hendra - Bisnis.com 18 November 2022  |  01:53 WIB
Mendikbud Ristek Nadiem Sebut Program MBKM Terbukti Lahirkan Mahasiswa Berprestasi
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Anwar Makarim saat berada di Universitas Negeri Padang, Sumatra Barat, Kamis (17/11/2022) - istimewa
Bagikan

Bisnis.com, PADANG - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Anwar Makarim dalam kunjungan pertamanya ke Kota Padang, Sumatra Barat, turut membahas perjalanan program Kampus Merdeka yang dinilainya memberikan dampak yang positif bagi mahasiswa.

Nadiem menyebutkan berbagai capaian serta dampak positif program-program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diluncurkan sejak Januari 2020 tersebut.

“Merdeka Belajar Kampus Merdeka sudah bukan sekadar kebijakan, tapi sudah jadi gerakan," katanya di hadapan ribuan mahasiswa di Universitas Negeri Padang, Kamis (17/11/2022).

Dia menyebutkan pada program yang diluncurkan oleh Kemendikburistek telah diikuti sebanyak 179.000 mahasiswa dari Sabang sampai Merauke. Sementara sebesar 250.985 mahasiswa telah mengikuti program yang diluncurkan oleh Kampus Merdeka yang diselenggarakan oleh kampus.

"Jika dalam kurun waktu dua tahun sejak kebijakan ini diluncurkan saja kita semua sudah membuktikan adanya dampak yang luar biasa, saya yakin kita semakin mampu berkolaborasi untuk menciptakan prestasi-prestasi yang lebih hebat,” sebutnya.

Dikatakannya khusus di Sumbar, tercatat ada 3.499 mahasiswa peserta MBKM, dimana 3.194 diantaranya berasal dari Kota Padang.

Ada enam program Kampus Merdeka, yakni Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB), Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA), Kampus Mengajar, Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Wirausaha Merdeka, dan Praktisi Mengajar.

"Saya mendorong pelaksanaan Kampus Merdeka Mandiri di seluruh perguruan tinggi agar berjalan secara optimal dan berkesinambungan," tutup Mendikbud Ristek.

Laporan evaluasi MBKM di tahun 2021 menunjukkan bahwa mahasiswa peserta memiliki tingkat kepuasan yang tinggi terhadap program-program MBKM.

Sebanyak 93,7 persen mahasiswa peserta program Kampus Mengajar merasa puas dengan pengalaman menjalankan program tersebut, dan 94,3 persen merasa bahwa program ini patut direkomendasikan.

Di kesempatan itu, Rektor UNP Ganefri menyatakan program dari Kemendikbud Ristek tersebut telah memberikan dampak yang bagus bagi mahasiswa dan bahkan sangat jitu untuk meningkatkan prestasi para mahasiswa.

"Kita tentu tidak mau jadi pengikut. Kita maunya jadi pemenang. Harus seperti Mas Menteri yang berpikir tentang masa depan," kata dia.

"Program MBKM ini  harus kita kawal bersama. Harus kita tata terus. Karena program MBKM ini baik," sambungnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemendikbud Nadiem Makarim kampus merdeka Universitas Negeri Padang
Editor : Ibad Durrohman
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top