Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Reopening Penerbangan Internasional di BIM Kado Terindah HUT Sumbar

Dibukanya kembali penerbangan internasional di BIM itu tidak hanya kabar baik untuk pariwisata di Sumbar tapi juga ada peristiwa besar pada momen itu.
Muhammad Noli Hendra
Muhammad Noli Hendra - Bisnis.com 27 September 2022  |  21:13 WIB
Reopening Penerbangan Internasional di BIM Kado Terindah HUT Sumbar
Pesawat milik maskapai penerbangan Garuda Indonesia terparkir di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (21/6/2022). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Bagikan

Bisnis.com, PADANG - Pemerintah Provinsi Sumatra Barat telah mempersiapkan segala hal untuk menggelar reopening penerbangan internasional di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) pada 1 Oktober 2022 mendatang.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar Luhur Budianda mengatakan pada pelaksanaan reopening itu tidak hanya sekedar berbahagia bahwa pariwisata di Sumbar bakal kembali bergairah dengan akan datangnya wisatawan mancanegara. Tapi ada peristiwa besar pada momen itu.

"Pada momentum 1 Oktober 2022 yang merupakan hari pertama dibukanya kembali penerbangan internasional di BIM, sebenarnya merupakan kado terindah untuk Sumbar. Karena pada tanggal itu Sumbar tengah berulang tahun," katanya kepada Bisnis, Selasa (27/9/2022).

Budi menyampaikan kegiatan reopening nanti itu merupakan momen yang paling berkesan nantinya, untuk itu pada kegiatan tersebut ada penyambutan istimewa yang diberikan Pemprov Sumbar untuk kedatangan penumpang luar negeri perdana yang disiapkan.

"Akan ada penyambutan dengan musik dan tarian khas Minang, baik untuk kedatangan maupun untuk keberangkatan internasional," ujarnya.

Menurutnya dengan akan dibukanya kembali penerbangan internasional di BIM itu, turut memberikan nafas yang lega bagi ekonomi Sumbar.

Karena dapat dipastikan, bila telah ada kunjungan wisatawan mancanegara ini, maka sendi-sendi perekonomian di sektor pariwisata bakal bergairah kembali.

"Hotel-hotel dipastikan akan terisi, ekonomi kreatif atau UMKM juga bakal disibukan melayani wisatawan. Tapi saya berharap kedepankan pelayanan, dan berikan harga yang wajar," imbau Budi.

Terkait kedatangan wisatawan mancanegara ini, dari pihak PT Angkasa Pura II Cabang BIM juga telah mempersiapkan skema pelayanan penumpang luar negeri.

Hal ini mengingat masih dalam situasi pandemi Covid-19, sehingga ada ketentuan yang harus dipatuhi oleh penumpang luar negeri.

Penerbangan internasional dengan maskapai AirAsia di BIM dibukanya kembali rute Kuala Lumpur - Padang - Kuala Lumpur, dan hanya melakukan penerbangan dua kali dalam satu pekan yakni setiap hari Selasa dan Sabtu saja.

Penerbangan AirAsia untuk rute Kuala Lumpur - Padang - Kuala Lumpur ini rata-rata di waktu pagi hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penerbangan sumbar
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top