Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indofood Lirik Potensi Pertanian Kentang di Solok Sumatra Barat

Saat ini Indofood ingin menjalin kerja sama pertanian kentang dan bawang di Kabupaten Solok, Sumatra Barat.
Bupati Solok Epyardi Asda (tengah kiri) bersama  Divisi Agro PT. Indofood Sukses Makmur Tbk, Surya saat meninnjau pertanian kentang di Kabupaten Solok, Sumatra Barat/istimewa
Bupati Solok Epyardi Asda (tengah kiri) bersama Divisi Agro PT. Indofood Sukses Makmur Tbk, Surya saat meninnjau pertanian kentang di Kabupaten Solok, Sumatra Barat/istimewa

Bisnis.com, SOLOK - Emiten Grup Salim PT Indofood Sukses Makmur Tbk. (INDF) melirik potensi pertanian kentang dan bawang merah yang ada di Kabupaten Solok, Sumatra Barat.

Divisi Agro Indofood Sukses Makmur Surya mengatakan pada pengembangan produk Indofood telah mengadakan kerja sama bersama para petani di pulau Jawa semenjak 30 tahun lalu, dan di Sumatra juga telah dimulai semenjak 4 tahun lalu, meski sempat terhenti.

"Jadi saat ini Indofood ingin menjalin kerja sama lagi dan salah satunya dengan pertanian yang ada di Kabupaten Solok. Tapi kita melihat dulu potensi yang ada," ujarnya dalam keterangan tertulis Pemkab Solok, Rabu (14/9/2022).

Dia menyebutkan telah melihat langsung kondisi geografis serta kondisi tanah yang ada di Kabupaten Solok tersebut. Ternyata kondisi tanah di Kabupaten Solok memiliki standar yang bagus untuk pertanian kentang, seperti yang ada di Jorong Aia Tawa Selatan Nagari Kampuang Batu Dalam.

"Kita di Indofood mampu menampung sebanyak 1.000 ton - 1.500 ton tiap bulannya. Jika petani di Kabupaten Solok dapat menghasilkan lebih pun masih akan ditampung nantinya," ujarnya.

Namun, terkait kerja sama tersebut juga akan diadakan kesepakatan kontrak sehingga harga kentang akan disesuaikan dengan standar biaya yang berlaku. Jika terjadi fluktuasi harga jual juga akan dilakukan pengkajian ulang kontrak.

Sementara itu, Bupati Solok Epyardi Asda juga mengatakan apabila pertemuan itu berlanjut menjadi kerjasama dengan pihak Indofood, maka untuk bibit kentang nantinya akan disediakan langsung oleh pihak Indofood.

"Pihak Indofood akan memberikan bibit khusus dengan varietas citra atau atlantik. Tentunya sebelum itu dilakukan, perlu ada sosialisasi dan bimbingan teknis pengelolaan pertanian terlebih dahulu," sebutnya.

Bupati menyampaikan bahwa sebelumnya Pemkab Solok saat ini memang sedang mencari perusahaan-perusahaan yang ingin melakukan kerjasama dengan pemerintah kabupaten Solok.

“Sebelumnya kita di Pemerintah Kabupaten Solok juga telah melakukan kerjasama dengan PT Food Station Jakarta pada bidang distribusi beras solok. Alhamdulillah pada minggu depan akan kita lakukan pengiriman ke Jakarta," ujarnya.

Bupati berharap Indofood juga tertarik untuk melakukan kerjasama dengan masyarakat Kabupaten Solok, sehingga nantinya bisa menciptakan hubungan yang baik untuk kedepannya.

"Melalui pernyataan beliau bahwa tanah kita ini cocok untuk ditanami kentang, itu dulu yang terpenting, karena hal inilah yang memungkinkan kita untuk melakukan kerjasama," tegas Epy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper