Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

JELAJAH MIGAS RIAU: Antisipasi Abrasi, ITA Dukung Generasi Muda Merbau Kelola Konservasi Mangrove

Imbang Tata Alam (ITA) berkomitmen untuk ikut menjaga kelestarian lingkungan, termasuk kawasan pesisir Kecamatan Merbau.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 16 Agustus 2022  |  22:13 WIB
JELAJAH MIGAS RIAU: Antisipasi Abrasi, ITA Dukung Generasi Muda Merbau Kelola Konservasi Mangrove
Senior CSR Officer ITA, Arip Hidayatulloh memaparkan dukungan perusahaan kepada generasi muda dari kelompok Konservasi dan Pembibitan Mangrove Sungai Merambai Kecamatan Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, Selasa (16/8 - 2022). ITA berkomitmen mendukung masyarakat setempat untuk melindungi wilayah itu dari risiko abrasi dengan melakukan penanaman hutan bakau. Bisnis/Arif Gunawan
Bagikan

Bisnis.com, PEKANBARU-- Kawasan pesisir Teluk Belitung, Sungai Merambai, Kecamatan Merbau Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau terus terancam risiko abrasi karena hempasan ombak perairan Selat Melaka.

Guna mengantisipasi hal itu, generasi muda setempat menyadari pentingnya menjaga kawasan pesisir, salah satunya dengan melakukan penanaman mangrove atau tanaman bakau.

Ketua Konservasi dan Pembibitan Mangrove Sungai Merambai Kecamatan Merbau Zulfahren menjelaskan pihaknya berupaya menjaga kawasan pesisir di kampungnya itu, karena ombak terus mengikis daratan apabila tidak ada penahan alami yaitu hutan bakau.

"Misalnya di Desember setiap tahunnya terjadi ombak besar yang membuat risiko abrasi menjadi semakin mengancam runtuhnya tanah, karena itu sejak dua tahun terakhir kami sudah rutin menanam bakau. Dengan dukungan Imbang Tata Alam (ITA) kami sudah menanam lebih dari 2.000 bibit mangrove," ujar Zulfahren kepada tim Jelajah Migas Riau, Selasa (16/8/2022).

Selain membantu bibit mangrove, sebelumnya ITA yang dulu bernama EMP Malacca Strait tersebut, sudah membantu pembangunan kawasan tracking sepanjang 75 meter dan beberapa pendopo di area konservasi mangrove Teluk Belitung tersebut.

Kawasan konservasi itu luasnya mencapai 20 ha, dan terus diupayakan untuk diperluas kedepannya hingga target 50 ha. Zulfahren berharap dengan dukungan ITA, generasi muda setempat bisa terus menjaga ekosistem lingkungan pesisir Kecamatan Merbau itu.

Senior CSR Officer ITA Arip Hidayatulloh berkomitmen untuk ikut menjaga kelestarian lingkungan, termasuk kawasan pesisir Kecamatan Merbau yang berada dekat dengan lokasi operasional perseroan.

"Dukungan kami sudah berjalan beberapa tahun terakhir, dan sejalan dengan komitmen perusahaan dalam kelestarian lingkungan, kami mendukung generasi muda di Merbau untuk menjaga kawasan pesisir dari risiko abrasi akibat ombak laut," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

migas riau abrasi
Editor : Farid Firdaus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top