Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Penataan Tambang Timah Ilegal di Bangka Belitung Berlarut-larut

Penambangan ilegal ini sudah berlarut-larut, akibatnya beberapa wilayah saat ini masuk dalam peta lahan kritis di hutan lindung maupun hutan konservasi, kawasan tangkapan ikan nelayan, permukiman, dan lainnya.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 12 Juli 2022  |  14:33 WIB
Penataan Tambang Timah Ilegal di Bangka Belitung Berlarut-larut
Aktivita tambang timah Belitung Timur. - Bisnis.com
Bagikan

Bisnis.com, PANGKALPINANG - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meluncurkan program penataan tambang, agar penambangan bijih timah yang diusahakan masyarakat dapat dilakukan secara legal.

"Saya menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang mendukung program penataan pertambangan ilegal ini," kata Penjabat (Pj.) Gubernur Kepulauan Babel Ridwan Djamaluddin di Pangkalpinang, Selasa (12/7/2022).

Ia mengatakan program penataan tambang ini merupakan upaya dan komitmen Pemprov Kepulauan Babel untuk memperbaiki tata kelola pertambangan bijih timah di darat dan laut, yang pada prinsipnya bertujuan semata-mata untuk menyejahterakan masyarakat.

"Pada esensinya kegiatan tambang ilegal ini tidak benar secara hukum, mulai dari terjadinya kerusakan lingkungan hingga dapat merusak masa depan generasi muda daerah ini," ujarnya.

Ia mengakui masalah penambangan ilegal ini sudah berlarut-larut, akibatnya beberapa wilayah saat ini masuk dalam peta lahan kritis di hutan lindung maupun hutan konservasi, kawasan tangkapan ikan nelayan, permukiman, dan lainnya.

"Proses penataan tambang tidaklah mudah, namun dengan kesadaran dan kepedulian semua program ini dapat berjalan dengan baik," katanya.

Ia mengajak semua pihak yang diberikan amanah untuk menata pertambangan di Babel, untuk dapat bersama-sama, bersinergi, dan bersatu padu menata pertambangan ini.

"Hal ini bukan tidak mungkin untuk dilakukan. Kita juga menjaga agar tidak terjadi gejolak horizontal di masyarakat, seperti yang terjadi di Teluk Kelabat antara penambang dan nelayan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tambang timah bangka belitung

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top