Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Amphuri Desak Kemenhub Segera Buka Penerbangan Internasional di Pekanbaru

DPD Asosiasi Muslim Penyelenggara Umrah dah Haji Riau (Amphuri) Riau Kepri mendesak Pemerintah Pusat khususnya Kementerian Perhubungan, maupun pemerintah daerah untuk segera membuka penerbangan internasional dari dan ke Pekanbaru.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 19 Juni 2022  |  20:42 WIB
Ilustrasi - Bisnis
Ilustrasi - Bisnis

Bisnis.com, PEKANBARU -- DPD Asosiasi Muslim Penyelenggara Umrah dah Haji Riau (Amphuri) Riau Kepri mendesak Pemerintah Pusat khususnya Kementerian Perhubungan, maupun pemerintah daerah untuk segera membuka penerbangan internasional dari dan ke Pekanbaru.

Ketua DPD Amphuri Riau Kepri mengatakan pelaku usaha di berbagai sektor sudah sangat membutuhkan sekali akses penerbangan internasional ini.

"Kondisi sudah mulai normal dan geliat ekonomi sudah mulai bangkit. Kebutuhan akan akses penerbangan internasional ini sudah mendesak. Teman - teman sudah banyak yang menghubungi saya, minta agar Satgas Covid-19, Pemerintah Pusat ataupun Kementerian Perhubungan segera membuka penerbangan internasional di bandara Pekanbaru," ujarnya Minggu (19/6/2022).

Dikatakannya, untuk stakeholder terkait termasuk pihak maskapai sudah siap kembali untuk mengoperasikan penerbangan internasional di Bumi Lancang Kuning. Saat ini yang ditunggu hanya izin dibukanya kembali penerbangan internasional tersebut.

Dia menerangkan, saat ini pelaku usaha termasuk masyarakat sudah sangat membutuhkan akses penerbangan internasional dari bandar udara Pekanbaru. Sebab, jika harus menggunakan akses lain seperti via Jakarta maka biayanya menjadi sangat besar.

"Akses laut saja sudah dibuka, inipun antreannya panjang. Jadi sudah seharusnya izin penerbangan internasional untuk Bandara Sultan Syarif Kasim dibuka. Dan ini akan membuat ekonomi masyarakat kian hidup, industri bisnis semakin tumbuh. Mohonlah Pak Menteri, segera terbitkan izin," ujarnya.

Menurutnya, bulan Juli ini akses sudah harus diberikan untuk penerbangan internasional. Sebab, pelaku usaha baik tour and travel maupun umrah haji, akan bersiap - siap untuk musim umrah pasca haji nanti.

Kemudian dia juga berharap Gubernur Riau kembali meminta kepada Menteri Perhubungan. "Kami tahu beliau sudah menyurati pusat. Namun sebaiknya beliau datangi Pemerintah Pusat, ini akan sangat efektif. Bahwa akses penerbangan internasional sudah harus dibuka dari Pekanbaru," ujarnya.

Hal senada diungkapkan Pengurus DPP Amphuri Pusat, Ibnu Mas'ud terkait mendesaknya izin penerbangan internasional di Provinsi Riau.

"Benar, sudah harus diberi izin untuk Pekanbaru, karena kebutuhannya semakin tinggi. Baik dari penerbangan dari Pekanbaru keluar dan sebaliknya."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penerbangan amphuri
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top