Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Riau Resmi Membuka Kembali Rute Pelayaran Internasional Dumai-Melaka

Pelayaran perdana dilepas langsung Gubernur Riau Syamsuar MSi bersama sejumlah pejabat terkait, termasuk Kepala Konsulat Malaysia Pekanbaru, Wan Nurshima Wan Jusoh,di Terminal Penumpang Internasional PT Pelindo I Dumai.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 05 Mei 2022  |  16:08 WIB
Gubernur Riau Syamsuar (kanan) melepas keberangkatan kapal rute pelayaran internasional Dumai-Melaka, Kamis (5/5/2022). Setelah ditutup 2 tahun sejak pandemi, kini rute pelayanan antar negara itu kembali dibuka.  - Istimewa
Gubernur Riau Syamsuar (kanan) melepas keberangkatan kapal rute pelayaran internasional Dumai-Melaka, Kamis (5/5/2022). Setelah ditutup 2 tahun sejak pandemi, kini rute pelayanan antar negara itu kembali dibuka. - Istimewa

Bisnis.com, PEKANBARU -- Pemprov Riau menyatakan setelah tutup ditutup selama lebih-kurang dua tahun akibat wabah Covid-19, rute pelayaran internasional kapal penumpang Dumai-Melaka/Port Dickson kembali dioperasikan.

Pelayaran perdana dilepas langsung Gubernur Riau Syamsuar MSi bersama sejumlah pejabat terkait, termasuk Kepala Konsulat Malaysia Pekanbaru, Wan Nurshima Wan Jusoh, di Terminal Penumpang Internasional PT Pelindo I Dumai.

"Alhamdulillah kami bersyukur, setelah 2 tahun tutup, hari ini pelayaran internasional Dumai-Melaka dibuka kembali," ujar Syamsuar, Kamis (5/5/2022).

Dia berharap, dengan dibukanya kembali pelayaran internasional dari dan ke Riau melalui Dumai, ekonomi makin menggeliat. Mulai dari peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara yang datang ke Riau, hingga mengundang hadirnya para investor.

Syamsuar juga meminta kepada semua petugas di pelabuhan untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada setiap warga negara jiran yang datang ke Riau.

Menurutnya antusias masyarakat Malaysia untuk datang ke Riau juga sangat besar, dari info yang didapatkan pemda, sekarang tiket kapal dari Melaka ke Dumai sudah habis terjual dengan kapasitas penumpang kapal sekitar 250 orang.

Selain itu pemda saat ini juga sedang berusaha agar tidak hanya rute pelayaran yang dibuka, tapi juga penerbangan internasional.

"Izin penerbangan ini, tidak hanya dari Kemenhub, tapi juga Satgas Covid Pusat dalam hal ini BNPB, termasuk Kemenkumham (imigrasi)."

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

riau pelayaran
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top