Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Momen Ramadan, PJB Salurkan Rp2,3 Miliar Bagi MBR Termasuk di Pekanbaru

Direktur Operasi 2 PT PJB, Rachmanoe Indarto menjelaskan di momen Ramadan 1443 H ini PJB menyalurkan dana sekitar Rp2,3 milyar untuk membantu anak yatim dan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang ada di 17 unit kerja yang tersebar di seluruh Indonesia.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 20 April 2022  |  21:38 WIB
Program PJB bagikan bantuan bagi MBR termasuk di Pekanbaru.  - Istimewa
Program PJB bagikan bantuan bagi MBR termasuk di Pekanbaru. - Istimewa

Bisnis.com, PEKANBARU-- PT Pembangkitan Jawa-Bali (PT PJB) kembali mengisi momen Ramadan untuk berbagi berkah bagi masyarakat di sekitar unit kerjanya.

Direktur Operasi 2 PT PJB Rachmanoe Indarto menjelaskan di momen Ramadan 1443 H ini PJB menyalurkan dana sekitar Rp2,3 miliar untuk membantu anak yatim dan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang ada di 17 unit kerja yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Untuk di PJB Unit Bisnis Jasa Operasi dan Pemeliharaan (UBJOM) PLTU Tenayan Pekanbaru, Riau pihaknya telah menyalurkan santunan bagi 75 anak yatim dan membagikan 500 paket sembako bagi fakir miskin dengan total santunan keduanya Rp60 juta," ujarnya melalui siaran pers Rabu (20/4/2022).

Selanjutnya kegiatan ini merupakan sinergi antara Lembaga Amil Zakat Dan Infaq (LAZIS) PJB dengan CSR PJB serta partisipasi lainnya melalui Serikat Pekerja dan Koperasi. Dana yang tersalurkan mencapai Rp2,375 miliar dengan rincian Rp827 jutaan berasal dari dana CSR dan Rp1,46 miliar berasal dari LAZIS. Sedangkan sisanya sejumlah Rp 88 juta berasal dari partisipasi lainnya. Dana LAZIS PJB merupakan hasil himpunan dari zakat, infaq dan sedekah karyawan PJB yang disalurkan melalui lembaga tersebut.

Pendistribusian bantuan dana dilaksanakan selama periode 3 April hingga 30 April 2022. Dana disalurkan bagi kurang lebih 5.309 penerima manfaat yang terdiri dari 2.621 yatim dan 2.699 masyarakat berpenghasilan rendah.

Lebih lanjut diungkapkan bahwa dana yang disalurkan merupakan hasil sinergi dari unit-unit PJB yang tersebar di seluruh Indonesia, mulai dari UBJOM Arun hingga UBJOM Sambelia. Untuk penyaluran dana CSR, secara serentak diberikan kepada masyarakat di sekitar pembangkit. Sedangkan dana dari LAZIS Kantor Pusat dan UBJOM dibagikan kepada 11 lembaga keagamaan dan Pendidikan Islam serta 239 muzzaki untuk selanjutnya disalurkan bagi para mustahik di lingkungan masing-masing.

 “Santunan ini telah kami berikan secara berkala sejak awal Ramadan kepada berbagai Yayasan di sekitar unit pembangkit yang dikelola oleh PJB, baik untuk anak yatim piatu ataupun mereka yang membutuhkan bantuan. Semoga bantuan ini dapat memberikan kebahagiaan dan membuat Ramadan kali ini menjadi lebih berkah,” harap Rachmanoe.

Dewan Komisaris PJB Hendra Iswahyudi memberikan apresiasi terhadap kegiatan Ramadan Berkah kali ini.

"Kegiatan Ramadan Berkah ini juga akan meningkatkan sinergi antara pembangkit dan masyarakat, dimana keduanya dapat hidup berdampingan secara harmonis, serta saling memberikan dukungan satu sama lain. Di sisi lain juga turut menunaikan kewajiban zakat karyawan PJB yang beragama Islam melalui penyaluran dana zakat muzakki ke mustahik," katanya.

Pemberian bantuan pada 17 Unit PJB diberikan dalam bentuk uang tunai, sembako, peralatan sekolah, bingkisan makanan, voucher belanja maupun kebutuhan lainnya sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat. 

Adapun 17 Unit PJB tersebut antara lain adalah; Kantor Pusat, UP Paiton, UP Gresik, UP Brantas, UP Cirata, UP Muara Karang, UP Muara Tawar, UBJOM Tanjung Awar-awar, UBJOM Indramayu, UBJOM Pulang Pisau, UBJOM Sambelia, UBJOM Kaltim Teluk, UBJOM Paiton, UBJOM Pacitan, UBJOM Rembang, UBJOM Tenayan dan UBJOM Arun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

PLN riau pltu
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top