Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bank Riau Kepri dan Samade Teken Kerja Sama Pengembangan Hilirisasi Sawit

Direktur Utama Bank Riau Kepri, Andi Buchari mengatakan kerjasama ini sebagai salah satu bentuk dukungan Bank Riau Kepri terhadap program-program Asosiasi Samade khususnya dalam bidang UMKM.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 23 Maret 2022  |  19:59 WIB
Direktur Utama Bank Riau Kepri Andi Buchari (kedua kiri) bersama Ketua Samade Riau Karmila Sari (tengah) usai menandatangani nota kerja sama untuk pengembangan hilirisasi sawit.  - Istimewa
Direktur Utama Bank Riau Kepri Andi Buchari (kedua kiri) bersama Ketua Samade Riau Karmila Sari (tengah) usai menandatangani nota kerja sama untuk pengembangan hilirisasi sawit. - Istimewa

Bisnis.com, PEKANBARU - PT Bank Riau Kepri melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dengan Asosiasi Sawitku Masa Depanku (Samade) Riau. Program ini bertujuan mengembangkan komoditas sawit setempat.

Direktur Utama Bank Riau Kepri Andi Buchari mengatakan kerja sama ini sebagai salah satu bentuk dukungan Bank Riau Kepri terhadap program-program Asosiasi Samade khususnya dalam bidang UMKM.

Kerja sama ini terkait pemberian pelayanan jasa perbankan yang mencakup pelayanan produk, pembiayaan dan jasa perbankan lainnya. 

"Dalam perjanjian kerja sama ini ada layanan penyaluran dana Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) serta layanan pemberian kredit kepada anggota Samade yang tentunya sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku," kata Andi Buchari pada acara Seminar dan Workshop Penguatan UMKM Perempuan Pekebun Sawit dalam Pengembangan Kerajinan Berbahan Lidi Sawit, Rabu (23/3/2022).

Ketua DPW Samade Riau Karmila Sari mengatakan Samade merupakan organisasi pertama yang memfokuskan diri untuk mendorong pembuatan produk hilirisasi dari buah sawit petani.

Menurutnya selama ini pemilik kebun sawit hanya fokus pada bagaimana pengolahan, pembibitan yang baik serta pemupukan supaya harganya sesuai dengan yang sudah berlaku. 

Selanjutnya Samade pada kegiatan itu juga menggelar pelatihan dan workshop dengan tema, penguatan UMKM perempuan pekebun sawit dalam pengembangan kerajinan berbahan lidi sawit.

Acara tersebut bekerja sama dengan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) yang berlangsung selama 5 hari (23-27 Maret 2022). 

Acara tersebut dihadiri secara langsung oleh Direktur Kredit dan Syariah Bank Riau Kepri Tengkoe Irawan, Pemimpin Divisi Komersil Imran, Pemimpin Divisi MKM Antoni Sujarwo, Pemimpin Divisi Sekretariat Perusahaan Edi Wardana, Ketua Umum Samade Tolen Ketaren, Kepala Dinas Perkebunan Zulfadli, Ketua Samade Aceh Nasa'i dan puluhan peserta workshop.

Sedangkan secara virtual, turut hadir Direktur Utama BPDP Kelapa Sawit, Helmi Muhansyah, Plt Direktur Kemitraan Kemenkeu RI Kabul Wijayanto, Deputi Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UMKM RI Siti Azizah, Kepala Divisi Jasa Konsultan LPEI, Raden Gerald SG dan Direktur Kerjasama Pendanaan dan Pembiayaan Kementerian Keuangan RI M Yusuf.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

riau sawit bank riau kepri
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top