Harga Daging Sapi di Agam Mencapai Rp140.000 Per Kilogram

Harga daging ini naik akibat permintaan cukup tinggi di daerah itu menjelang Ramadan dan persediaan sapi jantan untuk dipotong berkurang.
Harga daging di Agam naik jadi Rp140.000 per kilogram./Antara-Yusrizal.
Harga daging di Agam naik jadi Rp140.000 per kilogram./Antara-Yusrizal.

Bisnis.com, LUBUK BASUNG - Harga daging naik di Kabupaten Agam, Sumatra Barat dari Rp130.000 menjadi Rp140.000 per kilogram beberapa hari menjelang Ramadan 1443 Hijriyah.

Salah seorang pedagang daging di Lubukbasung, Aziz (28) di Lubukbasung, Minggu, mengatakan harga daging itu naik Rp10.000 per kilogram semenjak satu minggu lalu.

"Biasanya harga daging hanya Rp130.000 per kilogram dan sekarang naik menjadi Rp140.000 per kilogram," katanya.

Ia mengatakan, harga daging ini naik akibat permintaan cukup tinggi di daerah itu menjelang Ramadan dan persediaan sapi jantan untuk dipotong berkurang.

Dengan kondisi itu, harga daging sapi naik dari harga sebelumnya. Namun penjualan daging tidak berpengaruh, karena daging ini digunakan untuk membuat makanan khas berupa randang menjelang memasuki Ramadhan.

Setiap hari, tambahnya, ia mampu menjual sekitar 60-80 kilogram daging. "Biasanya penjualan daging juga 60-80 kilogram setiap harinya," katanya.

Sementara salah seorang pedagang ayam broiler di Pasar Serikat Lubukbasung Garagahan, Pitri mengakui harga ayam juga naik dari Rp60.000 menjadi Rp65.000 per ekor semenjak beberap hari lalu.

"Harga ayam ini naik Rp5.000 per ekor dari harga sebelumnya," katanya.

Ia menambahkan, harga ayam broiler itu sudah biasa naik menjelang Ramadhan dan kembali turun satu minggu Ramadhan.

Setelah itu, harga ayam kembali naik menjelang satu minggu Idul Fitri dan sampai satu minggu setelah Idul Fitri. "Ini berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper