Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Transaksi UMKM Palembang di Tokopedia Tumbuh 3 Kali Lipat

Transaksi penjualan dan jumlah pelaku UMKM di Kota Palembang melalui lokapasar Tokopedia tercatat tumbuh signifikan sepanjang 2021.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 17 Januari 2022  |  11:54 WIB
Tokopedia mencatat Kota Palembang menjadi satu dari tiga kota yang mengalami peningkatan jumlah penjual tertinggi sepanjang tahun 2021. istimewa
Tokopedia mencatat Kota Palembang menjadi satu dari tiga kota yang mengalami peningkatan jumlah penjual tertinggi sepanjang tahun 2021. istimewa

Bisnis.com, PALEMBANG – Transaksi penjualan dan jumlah pelaku UMKM di Kota Palembang melalui lokapasar Tokopedia tercatat tumbuh signifikan sepanjang 2021.

Head of Regional Growth Expansion (RGX) Tokopedia Trian Nugroho mengatakan bahwa Palembang merupakan satu dari tiga kota yang menjadi daerah dengan peningkatan jumlah penjual tertinggi selama tahun lalu.

“Antusiasme masyarakat dalam mendukung UMKM semakin meningkat. Palembang, Denpasar, dan Makassar adalah daerah dengan peningkatan jumlah penjual tertinggi,” katanya dalam keterangan pers, Senin (17/1/2022).

Trian memaparkan, peningkatan transaksi paling tinggi sepanjang 2021 di Kota Palembang adalah dari kategori ibu dan anak dan fesyen anak, rumah tangga, kesehatan dan perawatan diri, serta fesyen.

Bahkan, kata dia, terdapat lonjakan hingga lebih dari tiga kali lipat pada transaksi rata-rata UMKM Palembang.

Dia mencontohkan, UMKM Palembang Pempek Cek Dung mengalami peningkatan omzet menjadi puluhan juta selama memanfaatkan Tokopedia di tengah pandemi.

“Pemilik usaha juga kerap mengikuti berbagai pelatihan di Tokopedia demi memaksimalkan penjualan,” katanya.

Menurut Trian, berbagai temuan menarik di atas didukung oleh sederet inisiatif Hyperlocal Tokopedia yang diusung selama 2021 untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat, sehingga UMKM lokal di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh.

“Contoh program turunan inisiatif Hyperlocal, termasuk Waktu Indonesia Belanja Lokal, Kumpulan Toko Pilihan, dan Bangga Buatan Indonesia,” katanya.

Melalui Kumpulan Toko Pilihan (KTP) yang memanfaatkan teknologi geo-tagging, misalnya masyarakat bisa memperoleh beragam produk UMKM lokal, mulai dari kebutuhan rumah tangga, fesyen, kecantikan, makanan dan minuman dari daerah setempat.

“Ke depannya kami akan terus gencar berkolaborasi dengan mitra strategis agar UMKM lokal konsisten menemukan momentum di tengah pandemi untuk meraja di negeri sendiri,” katanya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

palembang umkm tokopedia
Editor : Lili Sunardi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top