Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemprov Telah Siapkan Lahan untuk Pembangunan Balai Besar BNPB di Sumbar

Pemerintah Provinsi Sumatra Barat menginginkan agar pembangunan Balai Besar Logistik dan Kediklatan BNPB Regional Sumatera segera dimulai.
Noli Hendra
Noli Hendra - Bisnis.com 10 Januari 2022  |  21:45 WIB
Logo BNPB - Istimewa
Logo BNPB - Istimewa

Bisnis.com, PADANG - Pemerintah Provinsi Sumatra Barat menginginkan agar pembangunan Balai Besar Logistik dan Kediklatan BNPB Regional Sumatera segera dimulai.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar Jumaidi mengatakan agar keinginan itu bisa terwujud, maka perlu gerak cepat untuk melakukan koordinasi dengan sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.

"Langkah ini untuk percepatan pembangunan Balai Besar BNPB Regional Sumatera sesuai arahan pimpinan," sebut Jumaidi, Senin (10/1/2022).

Menurutnya sesuai arahan Gubernur Sumbar Mahyeldi, koordinasi perlu intens dilakukan, agar Balai Besar BNPB Regional Sumatera bisa hadir di Sumbar ini.

"Apalagi, untuk pembangunan infrastruktur dibutuhkan lahan yang memadai. Kita tinggal mulai bangun saja lagi," tegasnya.

Jumaidi berpendapat, Balai Besar BNPB ini sangat besar fungsinya mengingat daerah Sumbar yang rawan bencana. Mulai dari bencana banjir, banjir bandang, longsor, gempa bumi, hingga tsunami.

"Wilayah lain juga menginginkan Balai Besar ini. Jadi kita harus sama-sama mewujudkannya, apalagi Sumbar sangat strategis, letaknya di tengah-tengah pulau Sumatera," jelasnya.

Dikatakannya pembentukan Balai Besar BNPB Regional Sumatera ini juga didukung penuh Gubernur Sumbar. Dengan harapan penanggulangan bencana di Sumatera, khususnya Sumbar bisa lebih cepat dan efisien.

"Nanti, dalam minggu ini ada Deputi V BNPB akan datang meninjau langsung lokasi Balai Besar ini," tambah Jumaidi.

Dalam rangka persiapan semua ini, Jumaidi langsung berkoordinasi dengan Kepala Perwakilan UPT BNPB Sumatera, Bambang Warsito.

"Balai Besar ini akan kita siapkan SDM untuk penanggulangan bencana wilayah Sumatera yang memadai dan profesional," tutur Bambang.

Selain itu, BPBD Sumbar juga akan langsung berkoordinasi dengan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sumbar, guna percepatan penyiapan lahan atau pembangunan Balai Besar BNPB yang diwacanakan.

Untuk diketahui, peralihan status dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) menjadi Balai Besar BNPB Regional Sumatera ini, dicanangkan pembangunan berbagai infrastruktur dan prasarana pendukung.

Hal ini mengingat Balai Besar BNPB tersebut nantinya, bukan hanya dikembangkan untuk gudang logistik, tapi juga sebagai pusat pendidikan dan latihan (diklat) kebencanaan untuk memperkuat Sumber Daya Manusia (SDM).


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bnpb sumbar
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top