Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Semangat UMKM Lokal Palembang Hadapi Pandemi dengan Digitalisasi

Sejumlah pelaku UMKM di Kota Palembang pun mengaku bahwa selama masa pandemi, semangat mereka untuk menerapkan digitalisasi lebih terpacu.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 29 November 2021  |  14:29 WIB
Pempek Candy Palembang masuk ke marketplace, salah satunya Shopee. Dengan terintegrasi ke dalam ekosistem digital, diantaranya dengan mengadopsi ShopeePay sebagai satu-satunya pembayaran digital di toko Pempek Candy dan tersedianya toko online, Pempek Candy mampu mempertahankan bisnis dan karyawannya.  - Bisnis/Dinda Wulandari
Pempek Candy Palembang masuk ke marketplace, salah satunya Shopee. Dengan terintegrasi ke dalam ekosistem digital, diantaranya dengan mengadopsi ShopeePay sebagai satu-satunya pembayaran digital di toko Pempek Candy dan tersedianya toko online, Pempek Candy mampu mempertahankan bisnis dan karyawannya. - Bisnis/Dinda Wulandari

Bisnis.com, PALEMBANG – Digitalisasi bisnis telah menjadi solusi yang diterapkan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah atau UMKM Palembang bertahan di tengah pandemi.

Para pelaku UMKM itu pun berlomba-lomba menyelami ekosistem digital untuk bisnisnya, mulai dari pembayaran digital (digital payment) hingga pemasaran lewat market place.

Berdasarkan catatan Bank Indonesia Kantor Perwakilan Sumsel, terdapat 295.000 merchant yang sudah menggunakan quick response Indonesian standard code (QRIS) untuk pembayaran digital di Sumatra Selatan. Menariknya, dari ratusan ribu jumlah merchant itu 95% merupakan UMKM.

Sejumlah pelaku UMKM di Kota Palembang pun mengaku bahwa selama masa pandemi, semangat mereka untuk menerapkan digitalisasi lebih terpacu.

Valencia Arifin, pemilik restoran Jiro Ramen, mengatakan dirinya telah melakukan berbagai strategi bisis untuk bertahan pada masa pandemi.

Mulai dari analisis modal, menambah varian menu, memanfaatkan media sosial, hingga integrasi dengan ekosistem digital.

“Salah satunya, saya menggunakan layanan pembayaran digital ShopeePay yang dikeluarkan Shopee,” katanya beberapa waktu lalu.

Dia menilai, bergabung menjadi merchant ShopeePay pada pertengahan tahun 2020 adalah langkah yang tepat. Apalagi, kata dia, masyarakat Palembang sudah terbiasa menggunakan layanan pembayaran digital.

Menurut Valencia, setelah terintegrasi dengan ShopeePay, respon yang diberikan pelanggannya menjadi semakin positif.

“Mereka mendapat keuntungan dengan program cashback yang ditawarkan,” katanya.

Diketahui, dalam keterangan pers Shopee, Jiro Ramen menjadi salah satu top merchant ShopeePay di kota Palembang.

Penopang UMKM
Digitalisasi bisnis tak hanya diterapkan UMKM yang baru seumur jagung. Bahkan, UMKM yang sudah berdiri puluhan tahun lalu pun kini semakin akrab dengan ranah digital, lewat adopsi pembayaran digital.

Salah satunya, Pempek Candy Palembang. Manajemen pempek legendaris itu mengaku digitalisasi turut menjadi penopang usaha pempek yang berdiri sejak 1994 silam.

Manajer Pempek Candy Yona Lius Vita memaparkan Candy sebetulnya telah memanfaatkan media sosial sejak 2012 sebagai bagian dari penguatan brand dan pemasaran.

Seiring berjalannya waktu, Candy juga masuk ke marketplace, salah satunya Shopee. Menurut Yona, pandemi Covid-19 pun membuat Candy semakin akrab dengan ekosistem digital tersebut.

Adaptasi dalam lingkup digital itu, mulai dari pemesanan hingga pembayaran, ternyata menjadi penopang Candy sehingga tak terpuruk akibat pagebluk.

“Penjualan online sangat membantu bisnis kami saat pandemi, terlihat dari penjualannya naik 40% dibandingkan kondisi normal,” katanya.

Dengan terintegrasi ke dalam ekosistem digital, diantaranya dengan mengadopsi ShopeePay sebagai satu-satunya pembayaran digital di toko Pempek Candy dan tersedianya toko online, Pempek Candy mampu mempertahankan bisnis dan karyawannya.

Bahkan dengan adopsi teknologi dan ekosistem digital tersebut, ada keuntungan yang masuk lewat strategi penjualan secara online tersebut.

Pempek Candy telah bergabung sebagai merchant ShopeePay sejak tahun 2019. Bergabungnya Pempek Candy dengan ShopeePay berhasil membawa restoran legendaris ini menjadi salah satu merchant favorit di kota Palembang.

Dia menambahkan begitu pula dengan transaksi pembayaran, di mana terjadi pergeseran metode dari tunai ke nontunai.

“Banyak orang yang saat ini gak mau pegang uang tunai, makanya kami beruntung cepat mengadopsi pembayaran digital,” ujarnya.

Yona menilai kemudahan ekosistem digital membantu bisnis Candy, sehingga memiliki nilai tambah bagi pelanggan serta layanan nirkontak yang sangat relevan terutama situasi saat ini.

Sebelumnya, Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay Eka Nilam mengemukakan pihaknya berkomitmen untuk mendukung mitra usaha, terutama sektor UMKM.

“Salah satu komitmen kami tentu saja lewat program-program yang memudahkan pelanggan dan bisa berdampak positif terhadap bisnis UMKM,” katanya.

Dia mencontohkan program Semangat UMKM Lokal hadir sebagai upaya berkelanjutan dari ShopeePay untuk menghadirkan solusi dari hulu ke hilir bagi para pemilik UMKM di kota Palembang.

Menurutnya, peningkatan literasi digital dan pemanfaatan teknologi bagi pelaku UMKM menjadi kunci utama dalam menggerakkan roda bisnis UMKM.

“Dengan sistem pembayaran digital yang terintegrasi dalam ekosistem QRIS kami ingin membantu bisnis UMKM untuk pulih kembali,” katanya.
Pihaknya pun menghadirkan sebuah laman khusus, ShopeePay Semangat UMKM Lokal, di aplikasi Shopee guna meningkatkan visibilitas bisnis dari berbagai kota.

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sumsel Hari Widodo mengatakan digitalisasi pembayaran menjadi salah satu contoh adaptasi UMKM pada masa pandemi.

“Saat ini kita tidak underestimate terhadap kemampuan UMKM untuk beradaptasi dengan teknologi digital. Kemampuan mereka sangat besar untuk memperluas pemasaran dan pembayaran,” katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm sumsel shopee
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top