Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cegah Kebakaran Hutan, BPBD Riau Rutin Patroli Udara

Saat ini ada 12 titik panas yang terpantau oleh BMKG di wilayah Riau.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 11 Juni 2021  |  18:14 WIB
Kebakaran terjadi tidak jauh dari area perkebunan kelapa sawit di Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau, Selasa (21/2). - Antara/FB Anggoro
Kebakaran terjadi tidak jauh dari area perkebunan kelapa sawit di Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau, Selasa (21/2). - Antara/FB Anggoro

Bisnis.com, PEKANBARU-- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau melakukan patroli udara sebagai upaya antisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah tersebut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, M Edy Afrizal memaparkan saat ini ada 12 titik panas yang terpantau oleh BMKG di wilayah Riau.

"Hari ini dari pantauan satelit BMKG ada 12 titik hotspot di Riau dan kami sudah menerbangkan helikopter untuk memantau langsung lokasinya supaya mengetahui apakah di sana memang kebakaran hutan atau tidak," ujarnya Jumat (11/6/2021).

Dari data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) tercatat ada 64 titik panas atau hotspot di Sumatra, dimana 12 titik diantaranya berada di Provinsi Riau.

Untuk 12 titik panas yang terpantau di Riau tersebar di 8 wilayah diantaranya, di Pelalawan dan Indragiri Hilir masing-masing 3 titik. Kemudian Kabupaten Bengkalis, Siak, Kuantan Singingi, Rokan Hilir, Rokan Hulu dan Kota Pekanbaru masing-masing 1 titik.

Menurutnya kalau memang di lokasi itu ditemukan titik panas akibat karhutla, pihaknya akan menerjukan helikopter bom air untuk memadamkan api.

Di samping itu, untuk mengantisipasi Karhutla saat memasuki musim kemarau, BPBD Riau juga telah melakukan rapat koordinasi terkait rencana pelaksanaan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) dengan pemerintah pusat.

"Rencananya 20 Juni 2021 pesawat TMC dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) akan datang ke Riau, untuk program TMC."


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

riau bpbd kebakaran hutan
Editor : Edi Suwiknyo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top