Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Terjunkan Personel, Polres OKI dan Tim Gabungan Siaga Karhutla

Pihak kepolisian dan tim gabungan di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) menerjunkan personel untuk memantau dan mencegah kebakaran hutan dan lahan di daerah itu.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 09 Juni 2021  |  18:27 WIB
Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra Heri (kedua dari kanan) meninjau apel kesiapsiagaan karhutla 2021 di Kabupaten OKI.  - Istimewa
Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra Heri (kedua dari kanan) meninjau apel kesiapsiagaan karhutla 2021 di Kabupaten OKI. - Istimewa

Bisnis.com, PALEMBANG – Pihak kepolisian dan tim gabungan di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) menerjunkan personel untuk memantau dan mencegah kebakaran hutan dan lahan di daerah itu.

Kapolda Sumatra Selatan (Sumsel) Irjen Pol Eko Indra Heri mengatakan pencegahan karhutla di OKI perlu melibatkan semua pihak, selain Polres OKI, juga perusahaan perkebunan dan perusahaan pemilik izin konsesi hutan tanaman industri (HTI).

“Saat ini telah ditemukan 120 titik api di wilayah OKI, makanya Polda Sumsel dan Kodam II Sriwijaya akan menerjunkan personel untuk menangani karhutla,” katanya saat apel kesiapan antisipasi karhutla di Kecamatan Mesuji Raya, OKI, pada Rabu (9/6/2021).

Sementara itu, Danrem 044 Gapo Brigjen Jauhari juga mengajak Masyarakat Peduli Api  (MPA) dan masyarakat sekitar perusahaan agar bahu-membahu mengantisipasi karhutla.

Wakil Bupati OKI Djafar Shodiq mengapresiasi kepada seluruh jajaran yang hadir dalam Apel Persiapan antisipasi Karhutla di wilayah OKI. 

“Kami berharap kedepan tidak akan terjadi kebakaran hutan dan lahan di wilayah OKI seperti tahun-tahun sebelumnya,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Fire Operation Management Head APP Sinar Mas Region OKI, Mares Prabadi, mengatakan pihaknya melakukan patroli udara untuk antisipasi karhutla.

“Patroli udara merupakan salah satu metode deteksi dini dan Reaksi cepat  yang menjadi landasan penerapan  penerapan Integrated Fire Management yang ada di perusahaan,” jelasnya.

Mares melanjutkan selama Patroli udara berlangsung tim reaksi cepat (TRC) siaga apabila ditemukan titik api, mereka akan turun dari helikopter dengan peralatan pemadam yang telah disiapkan. 

Apel kesiapsiagaan ini juga memberikan penghargaan piagam Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI) yang diserahkan oleh Wakil Komisaris APHI Sumatera Selatan Efendy kepada Kapolda Sumatera Selatan, Irjen Pol Eko Indra Heri, atas kepemimpinannya dalam upaya pencegahan dan pengendalian Karhutla Tahun 2020. 

Penghargaan juga diberikan kepada Kapolres OKI AKBP Alamsyah Pelupessy atas dukungannya dalam pengembangan inovasi Drone Squad.

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumsel kebakaran hutan
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top