Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KAI dan AP II Sediakan Layanan Tes Genose untuk Warga Sumut

Para calon penumpang yang akan melakukan pemeriksaan Tes GeNose C-19 diwajibkan tidak makan/minum dan tidak merokok 30 menit sebelumnya.
Ilustrasi - Petugas memberikan arahan sebelum mencoba tes Covid-19 dengan alat GeNose C-19./Antara
Ilustrasi - Petugas memberikan arahan sebelum mencoba tes Covid-19 dengan alat GeNose C-19./Antara

Bisnis.com, MEDAN- PT Kereta Api Indonesia dan PT Angkasa Pura II menyediakan layanan pemeriksaan GeNose C-19 untuk calon penumpang kereta api dan pesawat di Sumatra Utara.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional (Divre) 1 Sumatra Utara (SU) menyediakan layanan pemeriksaan GeNose di Stasiun Medan mulai Sabtu (22/5/2021). Layanan ini tersedia untuk calon penumpang KA antarkota.

“KAI berkomitmen untuk memberikan pelayanan kepada pelanggan untuk memenuhi syarat bepergian dengan Kereta Api pada masa pandemi Covid-19,” ujar Vice President PT KAI Divre I SU Daniel Johannes Hutabarat, Minggu (23/5/2021).

PT KAI Divre I SU telah menyiapkan perangkat alat tes GeNose C-19 lengkap dengan fasilitas pendukung. Di antaranya, tersedia empat buah bilik pengambilan sampel napas, perangkat komputer, ruang tunggu dan print bagi analis.

Selain itu, PT KAI menyediakan media peraga sebagai alat sosialisasi cara melakukan Tes GeNose C-19 bagi pelanggan KA yang akan memanfaatkan layanan ini. Pelayanan pemeriksaan GeNose C-19 dimulai pukul 06.00 sampai 19.00 WIB.

Selain itu calon penumpang harus memiliki tiket KA atau kode booking yang telah terbayar lunas sebelum melakukan tes GeNose C-19.

PT KAI Divre I SU mengimbau para calon pelanggan yang ingin menggunakan layanan tes GeNose C-19 di stasiun merencanakan pemanfaatan layanan pemeriksaan ini dengan cermat. Penumpang diimbau menyiapkan uang Rp30.000, untuk pembayaran tes GeNose.

Saat ini masa berlaku hasil negatif tes RT- PCR, Rapid Antigen dan GeNose C-19 maksimal 1x24 jam.

Nantinya, secara bertahap layanan GeNose C-19 akan tersedia di empat stasiun lain, yakni Stasiun Tebing Tinggi, Stasiun Kisaran, Stasiun Tanjung Balai, dan Stasiun Rantau Prapat.

Sedangkan layanan Rapid Antigen saat ini tersedia di Stasiun Medan, Stasiun Tebing Tinggi, Stasiun Kisaran, Stasiun Tanjung Balai dan Stasiun Rantau Prapat.

“PT KAI terus berkomitmen mendukung penuh upaya pemerintah dengan mengutamakan keselamatan, memastikan pelanggan dalam kondisi aman dan sehat, serta konsisten menerapkan protokol kesehatan secara disiplin dan ketat,” terang Daniel.

Layanan tes GeNose C-19 juga telah tersedia di Bandara Internasional Silangit sejak Senin, (3/5/2021). Namun, pada masa peniadaan mudik periode 6 hingga 17 Mei lalu layanan ini dihentikan.

“Mulai tanggal  18 sampai saat ini buka, dengan harga Rp40.000. Hingga Sabtu kemarin, yang periksa GeNose di angka 100 (orang) ke atas. Tidak menentu tiap hari,” kata Manager of Finance & HR Angkasa Pura II Bandara Internasional Silangit Lisda Simatupang.

Petugas yang dikerahkan untuk melayani tes ini berjumlah tujuh orang per hari. Menurut Lisda, jumlah petugas ini akan ditambah disesuaikan dengan pertumbuhan jumlah calon penumpang pesawat yang menggunakan layanan GeNose C-19.

Layanan ini dibuka mulai pukul 07:00 WIB hingga 15:00 WIB setiap hari.

Para calon penumpang yang akan melakukan pemeriksaan Tes GeNose C-19 diwajibkan tidak makan/minum dan tidak merokok 30 menit sebelumnya.

Saat pengambilan sampel menggunakan kantong udara pada layanan GeNose C-19, pengguna mengambil napas yang dalam melalui hidung dan diembuskan melalui mulut. Hal itu dilakukan sebanyak tiga kali. Pengambilan napas pertama dan kedua diembuskan melalui mulut dengan masker tertutup.

Selanjutnya, pengambilan napas ketiga diembuskan dengan meniup ke dalam kantong udara sampai kondisi kantong udara penuh. Setelah kantong udara terisi penuh, segera tekan katup berwarna biru untuk menutup kantong udara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper