Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Motif Itik Pulang Petang jadi Logo HUT Kota Dumai, Ini Filosofinya

Kota Dumai memperingati hari jadinya yang ke-22 pada 27 April 2021. Logo HUT dibuat dengan filosofi berisi harapan kemajuan wilayah tersebut.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 02 April 2021  |  10:43 WIB
Logo HUT ke-22 Pemkot Dumai - Istimewa
Logo HUT ke-22 Pemkot Dumai - Istimewa

Bisnis.com, PEKANBARU - Sempena atau terkait dengan hari jadi ke-22, Pemerintah Kota Dumai, Riau meluncurkan logo ulang tahun dengan mengusung tema Dumai Unggul dan Idaman.

Sempena adalah salah satu kata dalam bahasa Melayu yang berarti dalam hubungannya atau terkait dengan.

Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Dumai Khairil Adli menjelaskan logo tersebut terdiri atas  angka dua dan dua (22).

"Logo HUT ke-22 Pemkot Dumai tahun ini terdiri dari atas 22 bermotifkan itik pulang petang, dengan warna kuning keemasan kemudian diberi background warna biru dongker, disematkan motif anak panah dan di sampingnya simbol Th [tahun] serta simbol ombak di bawah dan kata Dumai yang berwarnakan hijau daun," ujarnya, dalam siaran pers Jumat (2/4/2021).

Khairil memaparkan simbol angka 22 mewakili usia Kota Dumai dari sejak tanggal 27 April 1999. Motif itik pulang petang memiliki nilai yang mencerminkan komitmen kebersamaan dalam setiap perbuatan.

Angka 22 yang diberi warna kuning keemasan melambangkan kemakmuran, kesejahteraan, kejayaan serta mewakili sifat optimisme dalam mencapai tujuan.

Pada angka tersebut disematkan motif anak panah yang melambangkan keinginan luhur untuk menjadikan Kota Dumai sebagai kota yang selalu terdepan.

Kemudian warna biru dongker (navy blue) melambangkan ketegasan, ketangkasan, percaya diri serta mewakili sifat efisien dalam segala tindakan.

Di samping angka 22 terdapat simbol Th, yang mewakili kata tahun dan berbentuk keris.

Secara filosofis, keris merupakan tuah pusaka Bangsa Melayu. Melambangkan kehormatan dan martabat seperti layaknya visi yang ingin dicapai yaitu menjadi "Kota Yang Unggul."

Di bawahnya disematkan juga simbol dari ombak, yang melambangkan letak geografis Kota Dumai di Wilayah Pesisir Pantai Timur Sumatra. Sedangkan penulisan kata "Dumai" dengan warna hijau daun, melambangkan ketenangan Kota Dumai, harmoni, kesegaran, kesuburan serta mewakili pertumbuhan untuk kemaslahatan.

"Demikian arti dari logo hari jadi ke-22 Kota Dumai yang bertemakan "Dumai Unggul dan Idaman", merupakan nilai dasar dari Visi Kota Dumai Tahun 2021-2024, menjadi spirit serta komitmen agar Dumai kelak dapat menjelma menjadi Kota yang Indah, Damai, Bermartabat dan Terdepan," ujarnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumatra Dumai
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top