Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Manfaatkan Tol, Bengkalis Gandeng Dumai Promosikan Pantai Rupat

Pariwisata di Pulau Rupat bisa menjadi tujuan utama wisatawan. Apalagi sekarang sudah ada jalan tol Pekanbaru-Dumai.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 26 Maret 2021  |  15:48 WIB
Gerbang tol Pekanbaru-Dumai. Pemerintah Kabupaten Bengkalis akan menggandeng Pemkot Dumai guna mengembangkan dan memajukan kawasan pariwisata di Pulau Rupat, khususnya objek wisata pantai di Kecamatan Rupat Utara.  - Bisnis/Agne Yasa
Gerbang tol Pekanbaru-Dumai. Pemerintah Kabupaten Bengkalis akan menggandeng Pemkot Dumai guna mengembangkan dan memajukan kawasan pariwisata di Pulau Rupat, khususnya objek wisata pantai di Kecamatan Rupat Utara. - Bisnis/Agne Yasa

Bisnis.com, PEKANBARU - Pemerintah Kabupaten Bengkalis akan menggandeng Pemkot Dumai guna mengembangkan dan memajukan kawasan pariwisata di Pulau Rupat.

Pengembangan khususnya pada objek wisata pantai di Kecamatan Rupat Utara.

Pernyataan ini disampaikan Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso saat menghadiri Rakerda DPD Masata Riau, di Rupat Utara.

Bagus menjelaskan pihaknya sangat ingin kawasan pariwisata pantai di Rupat Utara dapat semakin maju dan berkembang. Bagus meyakini wisata pantai dengan pasir putih itu bisa menjadi tujuan utama wisatawan domestik di wilayah Riau.

"Kami ingin sekali Pulau Rupat bisa maju dan berkembang. Pariwisata di Pulau Rupat ini bisa menjadi tujuan utama wisatawan. Apalagi sekarang sudah ada jalan tol Pekanbaru-Dumai. Kami akan mencoba bersinergi dengan Pemko Dumai untuk sama-sama memajukan pariwisata di Rupat," ujar Bagus dalam siaran pers, Jumat (26/3/2021).

Sebelumnya, Bagus mengatakan pembangunan dan pengembangan sektor kepariwisataan daerah perlu melibatkan multisektor, multistakeholder, dan multidisiplin.

Pemkab Bengkalis, ujar Bagus, berkomitmen dan telah membuat rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Bengkalis tentang Rencana Induk Pengembangan Kepariwisataan tahun 2021-2035. Saat ini Raperda tersebut masih dibahas oleh DPRD Bengkalis.

Rancangan Perda tersebut diharapkan dapat menjadi pedoman utama bagi perencanaan, pengelolaan dan pengendalian pembangunan kepariwisataan di Kabupaten Bengkalis.

Rancangan Perda berisi kebijakan, strategi dan program yang perlu dilakukan untuk mencapai visi, misi dan tujuan pembangunan kepariwisataan yang ditentukan secara terpadu dan berkesinambungan.

Sebelumnya, Dinas Pariwisata Provinsi Riau menyatakan dukungan infrastruktur dari pemerintah pusat dan daerah telah mendorong peningkatan sektor pariwisata setempat.

Dampak positif dapat dirasakan setelah dioperasikannya jalan tol Pekanbaru-Dumai (Permai) secara resmi sejak tahun lalu.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau Roni Rakhmat menjelaskan tol Permai telah memberikan kontribusi besar untuk objek wisata yang ada di kawasan pesisir Riau.

"Kami melihat dengan operasional tol Permai sudah ada dampaknya terhadap destinasi pariwisata khususnya di wilayah pesisir Riau, seperti Dumai dan Bengkalis. Kami berharap obyek wisata di kawasan itu bisa lebih menggeliat lagi ke depan, sehingga target-target yang telah kami susun bisa tercapai di tahun ini,” ujarnya, dalam siaran pers Senin (15/3/2021).


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pariwisata jalan tol riau tol pekanbaru-dumai
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top