Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pakai Dana CSR, Dumai Bangun Alun-alun dan Islamic Center Senilai Rp34 Miliar

Pemkot Dumai menyiapkan rencana revitalisasi Taman Bukit Gelanggang Dumai menjadi Alun-alun Kota dan pembangunan Islamic Center di lokasi Masjid Habiburrahman Jalan HR Soebrantas dengan nilai proyek mencapai Rp34 miliar.
Wali Kota Dumai Paisal (tengah) bersama jajaran pimpinan PT Pelindo Dumai./Istimewa
Wali Kota Dumai Paisal (tengah) bersama jajaran pimpinan PT Pelindo Dumai./Istimewa

Bisnis.com, PEKANBARU - Pemkot Dumai menyiapkan rencana revitalisasi Taman Bukit Gelanggang Dumai menjadi Alun-alun Kota dan pembangunan Islamic Center di lokasi Masjid Habiburrahman Jalan HR Soebrantas dengan nilai proyek mencapai Rp34 miliar.

Untuk membangun dua proyek itu, pemkot bakal mengandalkan dana corporate social responsibility (CSR) atau dana Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSP).

Hal tersebut dibuktikan dengan Roadshow Wali Kota dan Wakil Wali Kota ke perusahaan-perusahaan yang ada di Kota Dumai, diantaranya Kawasan Industri Dumai (KID) milik PT Wilmar Group di Pelintung, PT Pelindo Dumai, dan PT Energi Sejahtera Mas di Lubuk Gaung.

Dari hasil kunjungan tersebut, perusahaan-perusahaan itu berkomitmen mendukung program Pemkot Dumai dengan sumber pendanaan dari dana CSR. Rencana ini sebelumnya juga telah disampaikan dalam forum audiensi tentang Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSP) oleh Pemkot Dumai beberapa waktu yang lalu.

Selanjutnya, dana CSR tersebut akan diwujudkan ke dalam 2 program pembangunan ikon kota yaitu Revitalisasi Taman Bukit Gelanggang menjadi Alun-alun Kota, dan Islamic Center di lokasi Masjid Habiburrahman.

“Dumai sudah ada jalan tol, sudah mulai dikenal oleh masyarakat luas dengan segala potensinya. Insyaallah ke depan dengan terealisasinya pembangunan 2 ikon Kota Dumai tersebut, akan semakin menambah daya tarik wisatawan berkunjung ke Dumai. Tak hanya itu, pembangunan juga akan menggeliatkan perekonomian masyarakat dan juga daerah,” ujar Wali Kota Dumai Paisal dalam siaran pers Kamis (25/3/2021).

Pada salah satu agenda pertemuan, Paisal mengapresiasi PT Pelindo Dumai yang memberikan respons positif, sehingga BUMN tersebut mau mendukung program pembangunan Alun-alun Kota dan Islamic Center yang akan menelan biaya sekitar Rp34 milliar.

"Alhamdulillah, respons perusahaan luar biasa. Komitmen untuk bangun Alun-alun Dumai tinggal selangkah lagi. Hasil pertemuan ini akan dilaporkan ke DPRD bahwa Pelindo komitmen membantu," ucap Paisal.

Sementara itu General Manager PT Pelindo Dumai Jonedi Ramli SE menyatakan untuk menjadikan Dumai yang lebih baik, perseroan siap mewujudkan pembangunan Alun-alun, sebagai sumbangsih PT Pelindo untuk pembangunan Kota Dumai.

Dia berharap dana TJSP yang disalurkan nantinya dapat dimanfaatkan maksimal, untuk membantu Pemkot merealisasikan pembangunan Alun-alun Kota Dumai tersebut.

Menurutnya sebagai perusahaan BUMN, pihaknya berkomitmen kuat untuk turut berpartisipasi mewujudkan program pembangunan Alun-alun Kota Dumai. Selain itu dukungan juga datang dari berbagai perusahaan yang beroperasi di kawasan pelabuhan PT Pelindo Dumai.

Rerata perusahaan tersebut siap membantu memberikan bantuan, hanya saja karena perwakilan perusahaan yang hadir di pertemuan bersama Pemkot Dumai bukan pemilik perusahaan yang memiliki wewenang untuk mengambil keputusan, sehingga pembahasan lebih terperinci masih akan dilakukan di masa mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper