Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

700.000 Lansia di Sumsel Bakal Disuntik Vaksin Covid-19

Angka kematian akibat infeksi virus Covid-19 bagi kelompok rentan dengan penyakit penyerta pun mencapai 60 persen.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, PALEMBANG - Sebanyak 700.000 orang lanjut usia atau lansia di Provinsi Sumatra Selatan bakal mendapat vaksin Covid-19 pada Maret 2021.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumsel Ferry Yanuar mengatakan lansia merupakan sasaran utama vaksinasi mengingat mereka masuk kategori kelompok paling rentan meninggal dunia jika terinfeksi Covid-19.

“Penyuntikan vaksin untuk lansia bersamaan dengan jadwal vaksinasi petugas pelayan publik,” katanya, Minggu (21/2/2021).

Ferry menjelaskan, angka kematian akibat infeksi virus Covid-19 bagi kelompok rentan dengan penyakit penyerta pun mencapai 60 persen. 

“Kasus pertama Covid-19 di Sumsel dan meninggal dunia juga karena mereka memiliki komorbid (penyakit penyerta), yaitu diabetes melitus,” katanya.

Dia menambahkan sebanyak 1,14 juta dosis vaksin juga akan kembali tiba di Sumsel pada bulan depan. Namun demikian, ia menilai vaksin tersebut tidak akan dapat memenuhi target vaksinasi. Hal ini dikarenakan secara nasional stok vaksin yang dimiliki pemerintah hanya sekitar 20 juta dosis.  

“Ada stok 14 juta plus 7,7 juta ditambah 4,6 juta dan 70 persen alokasi untuk provinsi Jawa dan Bali karena daerah tersebut kasusnya tinggi,” jelas dia. 

Menurut dia, dari sasaran 57.000 orang penerima vaksin dari kategori tenaga kesehatan di Sumsel hingga kini baru 49.000 saja yang telah dilakukan vaksinasi. Saat ini, untuk vaksinasi tahap pertama pun masih sekitar 30 persen yang tertunda. 

“Kami tetap kejar target untuk 70 persen karena masih ada yang tidak bisa divaksin,” ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper