Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

700.000 Lansia di Sumsel Bakal Disuntik Vaksin Covid-19

Angka kematian akibat infeksi virus Covid-19 bagi kelompok rentan dengan penyakit penyerta pun mencapai 60 persen.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 21 Februari 2021  |  17:21 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, PALEMBANG - Sebanyak 700.000 orang lanjut usia atau lansia di Provinsi Sumatra Selatan bakal mendapat vaksin Covid-19 pada Maret 2021.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumsel Ferry Yanuar mengatakan lansia merupakan sasaran utama vaksinasi mengingat mereka masuk kategori kelompok paling rentan meninggal dunia jika terinfeksi Covid-19.

“Penyuntikan vaksin untuk lansia bersamaan dengan jadwal vaksinasi petugas pelayan publik,” katanya, Minggu (21/2/2021).

Ferry menjelaskan, angka kematian akibat infeksi virus Covid-19 bagi kelompok rentan dengan penyakit penyerta pun mencapai 60 persen. 

“Kasus pertama Covid-19 di Sumsel dan meninggal dunia juga karena mereka memiliki komorbid (penyakit penyerta), yaitu diabetes melitus,” katanya.

Dia menambahkan sebanyak 1,14 juta dosis vaksin juga akan kembali tiba di Sumsel pada bulan depan. Namun demikian, ia menilai vaksin tersebut tidak akan dapat memenuhi target vaksinasi. Hal ini dikarenakan secara nasional stok vaksin yang dimiliki pemerintah hanya sekitar 20 juta dosis.  

“Ada stok 14 juta plus 7,7 juta ditambah 4,6 juta dan 70 persen alokasi untuk provinsi Jawa dan Bali karena daerah tersebut kasusnya tinggi,” jelas dia. 

Menurut dia, dari sasaran 57.000 orang penerima vaksin dari kategori tenaga kesehatan di Sumsel hingga kini baru 49.000 saja yang telah dilakukan vaksinasi. Saat ini, untuk vaksinasi tahap pertama pun masih sekitar 30 persen yang tertunda. 

“Kami tetap kejar target untuk 70 persen karena masih ada yang tidak bisa divaksin,” ujarnya. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumsel Covid-19
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top