Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Para Penyintas Covid Antusias jadi Donor Plasma Konvalesen

Terapi plasma konvalesen relatif efektif bagi pasien Covid-19 dengan keadaan umum berat, bukan diperuntukkan bagi orang tanpa gejala.
Ilustrasi - Petugas medis memegang plasma darah/Antara
Ilustrasi - Petugas medis memegang plasma darah/Antara

Bisnis.com, BATAM - Antusiasme untuk menolong masyarakat yang terpapar Covid-19 ditunjukkan oleh para penyintas infeksi virus Corona ini.

Pengalaman menjadi pasien atau penderita Covid-19 membuat mereka terdorong untuk membantu orang-orang yang masih terinfesksi Corona.

Itu sebabnya puluhan penyintas Covid-19 di Kota Batam, Kepulauan Riau, berminat melakukan donor plasma konvalesen.

Masalahnya, sebagian besar dari mereka tidak lulus penyaringan yang dilakukan Palang Merah Indonesia Kota Batam.

Kepala Unit Donor Darah PMI Batam Novia mengatakan terdapat 45 orang penyintas Covid-19 yang ingin mendonorkan plasma konvalesen. Namun, ujar Novia, yang dinyatakan bisa hanya tiga orang.

"Untuk saat ini penyintas Covid-19 masih sama seperti kemarin. Soalnya banyak yang gagal di screening awal, berdasarkan pemeriksaan," kata Novia di Batam, Senin (1/2/2021).

Terdapat sejumlah syarat bagi penyintas Covid-19 untuk bisa mendonorkan plasma konvalesen. Syarat tersebut di antaranya telah menjalani karantina sekitar 28 hari sejak awal dinyatakan positif.

Pendonor diutamakan lelaki dan tidak pernah menjalani transfusi darah, serta harus sehat dan bukan orang tanpa gejala saat menderita Covid-19.

Menurut dia, apabila penyintas Covid-19 tanpa gejala, respons imunnya relatif lamban, berbeda dengan orang dengan gejala.

Sementara itu, hingga kini, belum ada permintaan plasma konvaselen dari pasien Covid-19 kepada PMI Batam. "Plasma kita masih belum ada permintaannya," kata dia.

Menurut Novia terapi plasma konvalesen relatif efektif bagi pasien Covid-19 dengan keadaan umum berat, bukan diperuntukkan bagi orang tanpa gejala.

Sementara itu warga Batam penyintas Covid-19 Yusfa Hendri menyatakan bersedia mendonorkan plasmanya untuk pasien yang terpapar virus Corona.

"Saya sudah meminta melalui Pak Didi (Kepala Dinas Kesehatan setempat) untuk bisa diperiksa darah," kata Yusfa yang merupakan Asisten I Pemkot Batam Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat.

Bersama Yusfa, sejumlah penyintas Covid-19 yang juga ASN di lingkungan Pemkot Batam sudah menyatakan kesediaannya untuk mendonorkan plasma.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper