Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Para Penyintas Covid Antusias jadi Donor Plasma Konvalesen

Terapi plasma konvalesen relatif efektif bagi pasien Covid-19 dengan keadaan umum berat, bukan diperuntukkan bagi orang tanpa gejala.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 01 Februari 2021  |  16:37 WIB
Ilustrasi - Petugas medis memegang plasma darah - Antara
Ilustrasi - Petugas medis memegang plasma darah - Antara

Bisnis.com, BATAM - Antusiasme untuk menolong masyarakat yang terpapar Covid-19 ditunjukkan oleh para penyintas infeksi virus Corona ini.

Pengalaman menjadi pasien atau penderita Covid-19 membuat mereka terdorong untuk membantu orang-orang yang masih terinfesksi Corona.

Itu sebabnya puluhan penyintas Covid-19 di Kota Batam, Kepulauan Riau, berminat melakukan donor plasma konvalesen.

Masalahnya, sebagian besar dari mereka tidak lulus penyaringan yang dilakukan Palang Merah Indonesia Kota Batam.

Kepala Unit Donor Darah PMI Batam Novia mengatakan terdapat 45 orang penyintas Covid-19 yang ingin mendonorkan plasma konvalesen. Namun, ujar Novia, yang dinyatakan bisa hanya tiga orang.

"Untuk saat ini penyintas Covid-19 masih sama seperti kemarin. Soalnya banyak yang gagal di screening awal, berdasarkan pemeriksaan," kata Novia di Batam, Senin (1/2/2021).

Terdapat sejumlah syarat bagi penyintas Covid-19 untuk bisa mendonorkan plasma konvalesen. Syarat tersebut di antaranya telah menjalani karantina sekitar 28 hari sejak awal dinyatakan positif.

Pendonor diutamakan lelaki dan tidak pernah menjalani transfusi darah, serta harus sehat dan bukan orang tanpa gejala saat menderita Covid-19.

Menurut dia, apabila penyintas Covid-19 tanpa gejala, respons imunnya relatif lamban, berbeda dengan orang dengan gejala.

Sementara itu, hingga kini, belum ada permintaan plasma konvaselen dari pasien Covid-19 kepada PMI Batam. "Plasma kita masih belum ada permintaannya," kata dia.

Menurut Novia terapi plasma konvalesen relatif efektif bagi pasien Covid-19 dengan keadaan umum berat, bukan diperuntukkan bagi orang tanpa gejala.

Sementara itu warga Batam penyintas Covid-19 Yusfa Hendri menyatakan bersedia mendonorkan plasmanya untuk pasien yang terpapar virus Corona.

"Saya sudah meminta melalui Pak Didi (Kepala Dinas Kesehatan setempat) untuk bisa diperiksa darah," kata Yusfa yang merupakan Asisten I Pemkot Batam Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat.

Bersama Yusfa, sejumlah penyintas Covid-19 yang juga ASN di lingkungan Pemkot Batam sudah menyatakan kesediaannya untuk mendonorkan plasma.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

batam Virus Corona Covid-19 plasma konvalesen

Sumber : Antara

Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top