Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Rusun BP Batam Tempat Transit Pasien Covid-19 Sebelum ke RSKI Galang

Ini langkah antisipasi kemungkinan terjadi ledakan Covid-19 jika pasien menjalani isolasi mandiri di kediaman mereka masing-masing.
Bobi Bani
Bobi Bani - Bisnis.com 24 September 2020  |  14:10 WIB
Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Pulau Galang dalam proses renovasi setelah tertiup angin puting beliung. - Youtube BNPB
Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Pulau Galang dalam proses renovasi setelah tertiup angin puting beliung. - Youtube BNPB

Bisnis.com, BATAM - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batam menyiapkan Rumah Susun (Rusun) BP Batam di Kecamatan Batu Aji, Batam untuk menampung pasien positif Covid-19 tanpa gejala atau OTG.

Fasilitas tambahan ini sebagai dukungan bagi layanan Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Galang yang sudah penuh.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam Didi Kusmarjadi menuturkan kalau pasien-pasien positif yang nantiya berada di Rusun BP ini akan segera dipindahkan ke RSKI setelah ada pasien sembuh.

“Hasil rapat kemarin kita fungsikan Rusun BP sebagai tempat isolasi sementara menjelang RSKI Galang kembali bisa melayani. Lokasi transit bagi pasien Covid-19,” kata Didi di Batam pada Kamis (24/9/2020).

Kebijakan ini diambil, lanjut Didi, sebagai langkah antisipasi kemungkinan terjadi ledakan Covid-19 jika pasien menjalani isolasi mandiri di kediaman mereka masing-masing. Layanan transit ini juga akan dilengkapi dengan tenaga kesehatan, fasilitas makan, vitamin dan obat-obatan, sehingga peluang mereka sembuh bisa lebih tinggi dibanding menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

“Kalau mereka yang positif tetap berada di masyarakat akan berbahaya, maka kita tempatkan di Rusun BP dan mendapat vitamin dan obat-obatan,” kata Didi.

Rusun BP Batam sendiri, sebelumnya telah berfungsi sebagai tempat menampung Pekerja Migran Indonesia (PMI) dan masyarakat yang reaktif rapid test untuk diisolasi. Pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 dengan status OTG akan langsung ditempatkan di Rusun berkapasitas 180 tempat tidur itu.

Didi berharap kapasitas yang dimiliki Rusun BP Batam akan mampu menampung tambahan pasien positif Covid-19 di Batam.

“Jadi kalau nanti ada pasien OTG akan langsung kita tempatkan di sana,” kata Didi lagi.(K41)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

batam
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top