Semen Baturaja (SMBR) Memeroleh Kredit Sindikasi Rp1,7 Triliun dari Lima Bank

PT Semen Baturaja (Persero) Tbk (SMBR) mendapat kredit sindikasi senilai total Rp1,7 triliun dari lima perbankan baik BUMN maupun bank pembangunan daerah atau BPD.
Pegawai PT Semen Baturaja (Persero) Tbk memanfaatkan sistem teknologi informasi untuk memantau penjualan dan distribusi produk perseroan../Istimewa
Pegawai PT Semen Baturaja (Persero) Tbk memanfaatkan sistem teknologi informasi untuk memantau penjualan dan distribusi produk perseroan../Istimewa

Bisnis.com, PALEMBANG -- PT Semen Baturaja (Persero) Tbk. (SMBR) mendapat kredit sindikasi senilai total Rp1,7 triliun dari lima perbankan baik BUMN maupun bank pembangunan daerah atau BPD.

Direktur Utama PT Semen Baturaja (Persero) Tbk, Jobi Triananda Hasjim, mengatakan dana yang diperoleh dari kredit sindikasi tersebut nantinya untuk pembiayaan kembali (repackaging) fasilitas kredit yang digunakan perseroan.

“Ini merupakan repackaging kredit dalam pembiayan pembangunan proyek Pabrik Semen Baturaja II yang sudah beroperasi sejak 2017 lalu,” katanya dalam keterangan resmi, Jumat (14/8/2020).

Adapun perbankan yang menjadi mandated lead arranger and bookrunner (MLAB) pada pemberian fasilitas kredit sindikasi ini adalah PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.

Bank pelat merah itu juga bertindak sebagai agen fasilitas, agen jaminan dan agen penampungan.

“Selain itu, perbankan lainnya yang juga terlibat dalam pemberian fasilitas kredit sindikasi ini adalah BPD,” kata Jobi.

Selain Bank Sumsel Babel, BPD lain yang ikut bergabung memberikan kredit kepada produsen semen tersebut, yakni Bank Jawa Barat dan Banten (BJB),  Bank Maluku dan Maluku Utara, serta Bank Bengkulu.

Dia menerangkan pihaknya melakukan pembayaran secara triwulan yang bakal dimulai pada November 2020. Adapun jangka waktu untuk pembayaran kembali kredit sindikasi tersebut adalah selama 11 tahun sejak penandatanganan perjanjian kredit.

Diketahui, Pabrik Semen Baturaja II telah berkontribusi terhadap produksi perseroan, dengan kapasitas produksi mencapai 1,85 juta ton per tahun.

Sementara total kapasitas produksi semen pabrik SMBR secara keseluruhan mencapai 3,85 juta ton per tahun.

“Produk yang kami hasilkan mulai dari ordinary portland cement (OPC) tipe I, II dan V, p portland compositecement (PCC) dan mortar,” ujarnya.

Jobi menambahkan di tengah pandemi Covid-19, SMBR tetap fokus untuk meningkatkan penjualan produk semennya di wilayah Sumatra Bagian Selatan, yang merupakan pasar basis perseroan.

“Selain itu kami gencar melakukan ekspansi ke wilayah pasar lainnya seperti di Pontianak, Kalimantan dan Riau,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper