Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Legislator Minta UMKM Diberi Perhatian Lebih saat Pandemi

UMKM menjadi salah satu sektor yang mampu bertahan dalam berbagai krisis.
Bobi Bani
Bobi Bani - Bisnis.com 07 Agustus 2020  |  19:06 WIB
Pedagang kecil di lapangan Welcome to Batam. - Bisnis/Bobi Bani.
Pedagang kecil di lapangan Welcome to Batam. - Bisnis/Bobi Bani.

Bisnis.com, BATAM - Anggota Komisi II DPRD Kota Batam Putra Yustisi Respaty menilai Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bisa menjadi kunci kebangkitan ekonomi Kota Batam di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

UMKM menjadi salah satu sektor yang mampu bertahan dalam berbagai krisis, seperti krisis ekonomi pada 1998 dan 2008. Untuk itu, perlu sebuah terobosan dan langkah-langkah jitu guna menghidupkan kembali dan mengembangkan UMKM di era pandemi Covid-19.

“Tantangannya adalah bagaimana membangkitkan ekonomi dari berbagai sektor. Salah satunya membangkitkan kembali UMKM di Batam," kata Putra, Jumat (7/8/2020).

Data yang dihimpun di Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Mikro (KUKM) Kota Batam, tercatat ada 1.900 pelaku UKM di Batam yang terdampak pandemi Covid-19. Pandemi yang mengakibatkan menurunnya omzet akibat sepinya permintaan, hingga kesulitan untuk mendapatkan bahan baku dan sebagainya.

Putra menilai perlu adanya semacam stimulus yang diberikan untuk UMKM sehingga perputaran ekonomi dalam skala kecil bisa berjalan dengan baik.

Potensi UMKM di Kota Batam sendiri terbilang sangat tinggi. Beberapa UMKM yang ada tetap survive di masa pandemi, meskipun pendapatan mereka menurun jauh.

Selain stimulus, pihaknya juga menyarankan ada semacam pendampingan yang bisa diberikan oleh pemerintah kepada pelaku UMKM, sehingga bisa lebih maksimal lagi. Seperti marketing, teknologi informasi, budgeting, dan akses produk.(K41)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

batam
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top