Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Aplikasi iSumbar Mambaco Mempermudah Akses Buku secara Daring

Pandemi Covid-19 membuat masyarakat dianjurkan tetap di rumah dan membatasi aktivitas di luar ruangan agar terhindar virus.
Eko Permadi
Eko Permadi - Bisnis.com 07 Agustus 2020  |  19:36 WIB
Ilustras perpustakaan nondigital. - JIBI/M. Ferri Setiawan)
Ilustras perpustakaan nondigital. - JIBI/M. Ferri Setiawan)

Bisnis.com, PADANG — Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Provinsi Sumatera Barat meluncurkan aplikasi “iSumbar Mambaco” untuk mempermudah masyarakat membaca buku atau mencari informasi secara daring.

Kepala DPAD Sumbar Wadarusmen mengatakan saat ini kesediaan informasi merupakan suatu kebutuhan. Perpustakaan umum hadir sebagai wadah yang menyediakan fasilitas informasi bagi masyarakat

Kala pandemi Covid-19 membuat masyarakat dianjurkan tetap di rumah dan membatasi aktivitas di luar ruangan agar terhindar virus. Kondisi tersebut memberikan dampak bagi kegiatan Perpustakaan Daerah Sumbar.

Aplikasi ini terobosan baru DPAD untuk kemudahan membaca terutama di masa pandemi Covid-19 tanpa harus ke luar rumah. “Kami memberikan kemudahan dengan mengenalkan sebuah terobosan baru aplikasi iSumbar Mambaco, buku berbasis digital,” kata Wadarusmen dikutip dari siaran pers, Jumat (6/8/2020)

Peluncuran buku berbasis digital sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah anjuran menjalankan protokol kesehatan bidang pendidikan.

“Tak hanya itu, aplikasi ini bisa membantu para siswa yang kesulitan untuk mencari buku sesuai kebutuhan belajar akibat pembatasan aktivitas di luar rumah,” jelasnya.

Menurut data Pemerintah RI per Kamis (6/8/2020), kasus positif Covid-19 di Sumbar mencapai 1038, sembuh 787 orang dan meninggal 34 orang. Sementara kasus positif usia pelajar 6-18 tahun mencapai 10,7 persen. Pemerintah daerah pun belum berencana membuka seluruh sekolah secara tatap muka.

Gambaran umum iSumbar Mambaco adalah sebuah platform media sosial untuk mengakses e-Bookstore dan e-Pustaka, membangun jaringan/komunitas sesama pembaca dan tentu sebagai wadah membaca secara digital.

Aplikasi ini dapat diakses menggunakan ponsel pintar, komputer pribadi dan tab. Untuk menggunakan aplikasi iSumbar Mambaco, unduh di play store bagi pengguna android. Agar fitur dapat digunakan seluruhnya, segera daftarkan akun. Tidak banyak formulir yang mesti diisi hanya ada nama, nomor telepon, email dan kata sandi.

Jangan lupa untuk verifikasi ulang akun dari email pribadi. Setelah itu, baru bisa mengakses seluruh buku yang disediakan perpustakaan. Konsepnya sama, memilih buku yang ingin dibaca kemudian melakukan peminjaman dibatasi 3 hari. Unduh lalu masuk ke daftar bacaan di akun masing-masing.

Fitur menarik dari aplikasi ini yaitu semacam fungsi media sosial. Membangun koneksi dengan akun lainnya sesama pembaca. Semakin banyak pengikut, ada keunggulan fitur yang ditawarkan dibanding akun biasa.

Saat ini koleksi iSumbar Mambaco masih tergolong sedikit lantaran masih dalam tahap pengembangan.(K42).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumbar
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top