Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kasus Covid-19 di Sumut Tersebar di 28 Kabupaten/Kota

Kota Medan menjadi daerah penyumbang terbesar terhadap total kasus positif di Sumut, yaitu 960 orang.
Azizah Nur Alfi
Azizah Nur Alfi - Bisnis.com 29 Juni 2020  |  13:29 WIB
Petugas medis memperlihatkan sampel darah pengemudi angkutan umum saat tes cepat (Rapid Test) COVID-19 di Kantor Pusat Kementerian Perhubungan, Jakarta, Senin (20/4/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Petugas medis memperlihatkan sampel darah pengemudi angkutan umum saat tes cepat (Rapid Test) COVID-19 di Kantor Pusat Kementerian Perhubungan, Jakarta, Senin (20/4/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, MEDAN - Penyebaran kasus terkonfirmasi Covid-19 positif di Sumatra Utara semakin meluas. Saat ini ada 28 kabupaten/kota yang memiliki kasus positif Covid-19, dari sebelumnya 18 kabupaten dan kota pada awal Juni 2020.

Total kasus positif Covid-19 di Sumatra Utara mencapai 1.467 orang per 28 Juni 2020. Secara nasional, jumlah kasus di Sumatra Utara berada pada urutan sembilan secara nasional. Adapun, di Pulau Sumatra, jumlah kasus di Sumut menempati urutan kedua terbanyak setelah Sumatra Selatan yaitu 2.000 orang.

Kota Medan menyumbang jumlah paling besar terhadap total kasus positif di Sumut, yaitu 960 orang. Selanjutnya, Kabupaten Deli Serdang memiliki jumlah kasus sebanyak 188 orang dan Kabupaten Simalungun 80 orang.

Plt. Wali Kota Medan Akhyar Nasution mengatakan jumlah pasien positif Covid-19 yang terus meningkat di Kota Medan selama bulan Juni berasal dari orang tanpa gejala (OTG). Mereka melakukan rapid test dan hasilnya reaktif.

"Mereka tidak merasakan gejala sakit dan tetap beraktifitas seperti biasa, yang pada akhirnya menularkan orang-orang di dekatnya seperti keluarga," kata Akhyar dalam keterangan resmi, Senin (29/6/2020).

Oleh karena itu, dia menuturkan Pemkot Medan terus melakukan rapid test kepada masyarakat, khususnya OTG, agar segera diketahui warga yang positif Covid-19. Selain itu, pihaknya terus melakukan razia penggunaan masker di tempat keramaian.

"Kurangnya kesadaran masyarakat untuk menggunakan masker memicu semakin banyaknya penularan. Hampir 60 persen masyarakat masih belum patuh menggunakan masker," ungkapnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumatra utara Virus Corona covid-19
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top