Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Seorang Wartawan di Kota Palembang Positif Covid-19, Tertular dari Ibunya

Seorang jurnalis di Kota Palembang, ER (38), dinyatakan positif terpapar Covid-19 meskipun sebelumnya ia tak merasa adanya gejala dari virus tersebut.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 27 Mei 2020  |  10:22 WIB
Seorang staf menaruh alat uji asam nukleat di pabrik Luoyang Ascend Biotechnology Co., Ltd di Luoyang, Provinsi Henan, China tengah, pada 4 Maret 2020. - Xinhua/Li Jianan
Seorang staf menaruh alat uji asam nukleat di pabrik Luoyang Ascend Biotechnology Co., Ltd di Luoyang, Provinsi Henan, China tengah, pada 4 Maret 2020. - Xinhua/Li Jianan

Bisnis.com, PALEMBANG – Seorang jurnalis di Kota Palembang, ER (38), dinyatakan positif terpapar Covid-19 meskipun sebelumnya ia tak merasakan gejala.

Warga Kecamatan Sukarami itu dipastikan positif Covid-19 setelah mendapat hasil swab dari Rumah Sakit Umum Provinsi Siti Fatimah Palembang pada Selasa (26/5/2020) malam.

ER mengatakan saat ini dirinya menjalani karantina di PDP Center Tower 8 Wisma Atlet Jakabaring Palembang, sesuai dengan rujukan dari rumah sakit.

“Semalam mendapat informasi bahwa hasil tes swab menunjukkan positif Covid-19. Saya terpapar dari ibu [orang tua] yang sudah lebih dulu dinyatakan positif Covid-19," katanya, Rabu (27/5/2020).

ER memaparkan dirinya sempat menjalani rapid test pada 12 Mei 2020, namun hasilnya negatif, dan pada 14 Mei menjalani tes swab. Pada 26 Mei, hasil swab menyatakan dirinya positif Covid-19.

Dia mengaku, hasil swab memang cukup lama keluar. Oleh karena itu, ia berharap agar kapasitas uji sampel dan tenaga laboratorium ditambah sehingga hasil swab bisa cepat keluar.

“Hasil tes swab saya saja keluar setelah 12 hari. Harapan kedepan agar hasil tes swab lebih cepat lagi keluarnya,” katanya.

Menurut dia, meski dinyatakan positif Covid-19 namun tubuhnya sehat, tanpa gejala Covid-19. 

ER berharap agar tidak ada lagi wartawan yang terpapar covid-19. Oleh karena itu, ia meminta agar wartawan lain di Kota Palembang mematuhi protokol kesehatan dalam peliputan.

“Profesi jurnalis sulit untuk stay di rumah karena harus meliput. Tapi saya berharap agar teman-teman di lapangan tetap ikuti protokol kesehatan. Jaga jarak baik dengan narasumber ataupun rekan seprofesi lainnya,” tukasnya..

Menurutnya, hal itu dikarenakan saat ini covid-19 sudah menyebar luas di Palembang. Ia pun meminta agar masyarakat tetap di rumah dan hindari berkerumun. 

Sementara itu, Juru Bicara Penanganan Covid-19 Sumsel, Yusri, mengatakan ER merupakan salah satu pasien terkonfirmasi positif yang diumumkan pada Selasa (26/5/2020). 

Diketahui ada penambahan 56 kasus positif sehingga total ada 868 kasus positif di Sumsel.

“Iya, pasien ER yang merupakan salah satu jurnalis merupakan satu dari 56 tambahan kasus kemarin,” katanya.

Pihaknya pun saat ini sudah mulai melakukan tracing kepada keluarga dan juga rekan kerja seprofesinya. 

“Nanti akan kita ambil tes swab bagi keluarga dan rekan kerja pasien ini. Mereka yang kontak selama 14 hari terakhir akan diperiksa."

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

palembang covid-19
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top