Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Emas Menguat, Rifan Financindo Pekanbaru Bidik Transaksi 250.000 Lot

PT Rifan Financindo Berjangka (RFB) menargetkan total volume transaksi sekitar 250.000 lot pada tahun ini seiring dengan menguatnya harga emas di tengah penyebaran Virus Corona atau Covid-19.
Karyawan menunjukan logam mulia di Butik Emas Antam, Jakarta, Selasa (11/2/2020). Bisnis/Himawan L Nugraha
Karyawan menunjukan logam mulia di Butik Emas Antam, Jakarta, Selasa (11/2/2020). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, PEKANBARU - PT Rifan Financindo Berjangka (RFB) menargetkan total volume transaksi sekitar 250.000 lot pada tahun ini seiring dengan menguatnya harga emas di tengah penyebaran Virus Corona atau Covid-19.

Liwan, Pimpinan Cabang RFB Pekanbaru, mengatakan selalu ada peluang di balik tantangan. Salah satunya, kata dia, berasal dari momen pergerakan harga emas sekarang kendati perseroan tetap prihatin dengan situasi meluasnya wabah Covid-19 saat ini.

"Berbicara pasar, sulit dipungkiri emas merupakan produk investasi yang selalu diburu di tengah situasi yang sedang volatil karena sifatnya safe haven. Ketika dolar AS melemah maka emas akan naik, atau ketika ada gejolak resesi di beberapa negara, dan perstiwa besar yang membuat masyarakat dunia cemas, emas juga akan naik, demikian analisa sederhananya," kata Liwan, Kamis (19/3/2020).

Mengingat kondisi harga emas yang diprediksi masih terus positif sampai akhir 2020, Liwan mengungkapkan RFB Pekanbaru optimistis dapat meraih target volume transaksi sebesar 250.000 lot, yang terdiri dari 150.000 lot untuk volume transaksi bilateral dan 100.000 lot untuk volume transaksi multilateral.

Sementara itu, nasabah baru ditargetkan sebesar 400 nasabah pada tahun ini.

Momen kerja dari rumah atau work from home yang diberlakukan belakangan ini, lanjut Liswan, bisa menjadi peluang sekaligus tantangan bagi perseroan.

Peluangnya, nasabah RFB yang di rumah bisa memilih aktivitas trading lewat platform online milik RFB untuk mengisi waktu luang. Tantangannya, akan menjadi kesulitan tersendiri bagi perseroan untuk melakukan sosialisasi dan promosi untuk menarik nasabah baru.

Adapun, total volume transaksi RFB Pekanbaru hingga akhir 2019 tercatat naik 33,81% yoy menjadi 180.757 lot.

Perinciannya, dari sisi volume transaksi bilateral tercatat naik 40,20% menjadi 127.819 lot dan volume transaksi multilateral tumbuh sebesar 20,53% menjadi 52.938 lot secara tahunan pada 2019.

Sementara untuk nasabah baru, jumlah nasabah di RFB Pekanbaru per 31 Desember 2019 sebanyak 282 nasabah naik 1,44% yoy dibandingkan tahun sebelumnya sebanyak 278 nasabah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dwi Nicken Tari
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper