Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jalur Kereta Api Rantauprapat-Kota Pinang Rampung 90 Persen

Progres pembangunan jalur kereta Api Rantauprapat - Kota Pinang, Sumut sepanjang 33 kilometer sudah hampir rampung atau 90 persen.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 03 Januari 2020  |  23:51 WIB
Stasiun Kereta Api di Rantauprapat, Sumatera Utara, sedang dalam proses perampungan. - Antara/Evalisa Siregar
Stasiun Kereta Api di Rantauprapat, Sumatera Utara, sedang dalam proses perampungan. - Antara/Evalisa Siregar

Bisnis.com, MEDAN - Progres pembangunan jalur kereta Api Rantauprapat - Kota Pinang, Sumut sepanjang 33 kilometer sudah hampir rampung atau 90 persen.

"Pembangunan jalur KA Rantauprapat - Kota Pinang itu merupakan PSN (Proyek Strategis Nasional) yang dikerjakan Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah I Sumatera Bagian Utara," ujar Pejabat Pembuat Komitmen Wilayah III Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah I Sumut, Lurianto Lukito di Medan, Jumat (3/1/2020).

Didampingi Manager Humas PT KAI (Persero ) Divre 1 Sumut, M Ilud Siregar, Lurianto mengatakan pembangunan jalur KA yang dimulai sejak tahun 2017 itu masih terus berjalan.

"Proyek itu ditargetkan selesai dalam tahun ini (2020)," ujarnya.

Pekerjaaan meliputi pembebasan lahan dan pembangunan konstruksi yang sesuai dengan aturan berlaku meliputi pengerjaan tubuh jalan berupa pekerjaan galian dan timbunan berjalan lancar.

Termasuk pemasangan rel R.54 beserta bantalan beton dan aksesorisnya, pemasangan wesel baru R.54 bantalan beton di 4 emplasemen stasiun baru.

Kemudian pembangunan jembatan dengan konstruksi I-girder, box culver, over pass dan under pass, persinyalan elektrik serta pembangunan Stasiun Rantauprapat yang baru, N1, Aek Nabara dan Pondok S5 berjalan lancar dan diharapkan tidak ada masalah hingga akhir proyek.

Manager Humas PT KAI Divre I Sumut,M Ilud menegaskan KAI siap memanfaatkan jalur itu kalau sudah selesai dikerjakan Baltek Perkeretaapian Sumbagut.

"Pemerintah memang terus berupaya meningkatkan fasilitas transportasi kereta api agar bisa dimanfaatkan masyarakat dengan nyaman dan aman," ujar Ilud.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kereta api sumut

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top