Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sumut Usulkan Sport Center dan Tol Medan-Berastagi Masuk Proyek Strategis Nasional

Proyek-proyek yang diajukan oleh Gubernur Sumatra Edy Rahmayadi itu diklaim dapat berdampak terhadap kemajuan provinsi tersebut.
Asteria Desi Kartika Sari
Asteria Desi Kartika Sari - Bisnis.com 15 Desember 2019  |  19:23 WIB
Foto udara Interchange Helvetia di ruas tol Medan-Binjai yang merupakan bagian dari Tol Trans Sumatra di Medan, Sumatra Utara, Rabu (6/3/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam
Foto udara Interchange Helvetia di ruas tol Medan-Binjai yang merupakan bagian dari Tol Trans Sumatra di Medan, Sumatra Utara, Rabu (6/3/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, MEDAN — Pemerintah Provinsi Sumatra Utara mengusulkan dimasukannya sport center dan pembangunan jalan Tol Medan-Berastagi ke daftar Proyek Strategis Nasional dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional.

Hal itu disampaikan Gubernur Sumatra Utara (Sumut) Edy Rahmayadi saat bertemu Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. 

Tak hanya dua proyek tersebut, proyek lain yang juga diusulkan adalah taman keanekaragaman hayati (botanical garden); LRT dan BRT;  jalan tol dalam kota Medan; RS Haji bertaraf internasional; TPA Sampah; Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM); pembangunan jalur kereta api Pematang Siantar-Parapat yang mendukung kawasan strategis pariwisata Danau Toba; serta pembangunan rusunawa terintegrasi bagi pekerja di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei.

Selanjutnya, pembangunan pembangkit listrik di kawasan industri Kuala Tanjung, pembangunan waduk bendungan untuk penyediaan air mendukung kawasan industri Kuala Tanjung dan KEK Sei Mangkei; pelebaran jalan nasional dari Simpang Limapuluh, Batubara ke KEK Sei Mangkei; serta pembangunan jalan layang ruas Medan-Berastagi.

“Kami harapkan proyek-proyek ini masuk ke dalam daftar Proyek Strategis Nasional (PSN) untuk kemajuan Sumatra Utara yang bermartabat,” ujar Edy dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Minggu (15/12/2019).

Dalam pertemuan tersebut, dia juga membahas program dan peningkatan ekonomi serta investasi di Sumut. Airlangga disebut memberikan berbagai masukan dan arahan kepadanya.

Airlangga pun diklaim menyambut baik usulan Edy dan akan melakukan pembahasan lebih lanjut. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut diminta mempersiapkan berbagai materi seperti masterplan, Detail Engineering Design (DED), serta pengadaan lahan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumut proyek strategis nasional (PSN)
Editor : Annisa Margrit
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top