Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pembukaan Rute Penerbangan Baru Bisa Tingkatkan Pariwisata Sumut

Pariwisata menjadi salah satu sektor yang menjadi prioritas Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Berbagai upaya dan kerja sama ditempuh untuk menggenjot dan meningkatkan kunjungan wisatawan. Apalagi, salah satu destinasi super prioritas yaitu Danau Toba ada di Sumut.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, MEDAN-- Pariwisata menjadi salah satu sektor yang menjadi prioritas Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Berbagai upaya dan kerja sama ditempuh untuk menggenjot dan meningkatkan kunjungan wisatawan. Apalagi, salah satu destinasi super prioritas yaitu Danau Toba ada di Sumut. 

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengapresiasi rencana pengadaan rute baru untuk penerbangan yang masuk ke Sumut. "Kami selaku Pemerintah Provinsi Sumut tentu sangat menyambut baik. Bagaimana pun, kolaborasi adalah kunci yang mempercepat pembangunan dan cita-cita kita. Pemerintah tentu tak bisa jalan sendiri," kata Edy dikutip Jumat (13/12/2019).

Tidak sekadar rute penerbangan, lanjut Edy, kekayaan dan keberagaman Sumut diperkenalkan melalui media-media promosi AirAsia. Antara lain, melalui majalah yang dibagikan di dalam pesawat, konten-konten di media website dan aplikasi yang tersedia. Apalagi, maskapai ini sangat familiar di wilayah Asia.

Edy berharap pembukaan rute nantinya tidak hanya fokus di Kualanamu. Tetapi juga bandara-bandara lain, seperti Bandara Silangit. "Mudah-mudahan, niat baik ini berjalan lancar. Karena nantinya yang juga diuntungkan adalah masyarakat setempat, perekonomian daerah bergerak dan pada akhirnya membantu kemajuan Sumut," ucapnya.

Wagub Musa Rejekshah menambahkan dengan berbagai event tingkat nasional dan internasional yang terselenggara di Sumut seperti Festival Danau Toba, Sail Nias, surfing di Nias, rally maupun event lainnya, juga diharapkandapat dibantu dipromosikan. Sehingga semakin banyak wisatawan yang tertarik untuk berkunjung ke Sumut.

Sebelumnya, Direktur Utama AirAsia Indonesia Veranita Yosephine Sinaga menyampaikan bahwa kunjungan dirinya bersama rombongan bertujuan untuk bersilaturahmi sekaligus berdiskusi terkait rencana AirAsia Indonesia untuk membuka rute penerbangan baru ke Sumut. Salah satu tujuannya ialah untuk membantu meningkatkan pariwisata dan pertumbuhan ekonomi Sumut.

"Kita sangat optimis dengan Sumut. Berdasarkan rute-rute yang ada ke Sumut selama ini seperti Medan-Yogyakarta, Medan-Kuala Lumpur dan lainnya itu okupansinya selalu 85 persen," jelas Veranita.

Dirinya sepakat dan membenarkan bahwa upaya dukungan AirAsia terhadap pengembangan pariwisata Sumut tidak berhenti sekedar membuka rute baru. Melainkan, juga akan membangun kolaborasi dengan komunitas pariwisata setempat, mempromosikan budaya dan usaha penduduk lokal di daerah wisata seperti Danau Toba melalui aset-aset yang dimiliki AirAsia.

 Veranita mengatakan akan menjajaki terlebih dahulu dan menerima masukan dari pemerintah daerah, komunitas pariwisata, serta travel agen lokal. Ditanya rute-rute dari mana saja yang akan dibuka ke Sumut, dirinya menyebut masih proses diskusi. Pertemuan kemudian diakhiri dengan bertukar cendera mata antara Pemprov Sumut dengan PT AirAsia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper