Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Harga Sejumlah Komoditas Terus Turun, Sumut Deflasi 0,66 Persen

Perkembangan berbagai harga berkomoditas secara umum menunjukkan adanya penurunan.
Asteria Desi Kartika Sari
Asteria Desi Kartika Sari - Bisnis.com 02 Desember 2019  |  15:02 WIB
Kepala BPS Sumut Syech Suhaimi.
Kepala BPS Sumut Syech Suhaimi.

Bisnis.com, MEDAN — Perkembangan berbagai harga berkomoditas secara umum menunjukkan adanya penurunan. Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatra Utara mencatat, pada November 2019 deflasi sebesar 0,66%.

Kepala BPS Sumut Syech Suhaimi mengatakan deflasi terjadi lantaran adanya penurunan harga yang ditunjukkan oleh turunnya indeks tiga kelompok pengeluaran seperti bahan makanan, transportasi, komunikasi dan jasa keuangan.

"Kalau kita lihat perkembangan inflasi kita [Sumut] mengalami deflasi dalam tiga bulan terakhir. Nanti Desember sangat menentukan untuk keseluruhan pada 2019," kata Syech di Kantor BPS Sumut, Senin (2/12/2019).

Komoditas yang mengalami penurunan harga pada November 2019 antara lain cabai merah, ikan dencis, angkutan udara, cabai hijau, telur ayam ras, daging ayam ras, dan sawi hijau.

"Penurunan harga paling tinggi, adalah dari komoditas cabai merah sebesar 15,63%, " katanya.

Dia mengatakan dari 23 kota Indeks Harga Konsumen (IHK) di Sumatra Utara, sebanyak 18 kota tercatat deflasi. Deflasi tertinggi terjadi di Tanjung Pandan sebesar 1,06% dengan IHK sebesar 146,21 dan terendah di Batas sebesar 0,01% dengan IHK sebesar 137,96.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumut
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top