Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

6 Proyek Infrastruktur Jalan Sumsel Ditaksir Telan Rp10,69 Triliun

Pemprov Sumatra Selatan membutuhkan anggaran dana senilai Rp10,69 triliun untuk membangun enam proyek infrastruktur jalan di provinsi itu.
Kendaraan melintasi Jembatan Musi IV saat uji coba operasional jembatan tersebut di Palembang, Sumatra Selatan, Kamis (3/1/2019)./ANTARA-Nova Wahyudi
Kendaraan melintasi Jembatan Musi IV saat uji coba operasional jembatan tersebut di Palembang, Sumatra Selatan, Kamis (3/1/2019)./ANTARA-Nova Wahyudi

Bisnis.com, PALEMBANG – Pemprov Sumatra Selatan membutuhkan anggaran dana senilai Rp10,69 triliun untuk membangun enam proyek infrastruktur jalan di provinsi itu.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan biaya pengerjaan proyek infrastruktur itu akan bersumber baik dari APBD Provinsi maupun APBN 2020.

“Fokusnya tahun depan adalah pengerjaan infrastruktur baik jalan maupun jembatan, kami sudah mengajukan usulan tersebut ke pusat melalui Komisi V DPR RI,” katanya, Kamis (21/11/2019) petang.

Deru mengatakan salah satu kebutuhan infrastruktur yang mendesak adalah pembangunan jalan akses Jembatan Musi IV di Kota Palembang.

Dia mengatakan untuk membangun jalan akses tersebut, perlu adanya pembebasan lahan. Oleh karena itu, pihaknya mengusulkan sharing dana dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) senilai Rp188 miliar.

Proyek infrastruktur dalam Kota Palembang lainnya, kata dia, mencapkup pembangunan fly over Simpang Sekip. Di mana anggaran fisik yang dibutuhkan sebanyak Rp282 miliar.

“Untuk fly over itu kami juga minta dukungan dari Pemerintah Kota Palembang untuk pembebasan lahan. Tercatat lahan yang perlu dibebaskan seluas 7.419 meter persegi,” katanya.

Selain jembatan layang, pemprov menilai untuk mengurai kepadatan jalan di dalam kota Palembang akan dibangun underpass Simpang Charitas. Anggaran untuk underpass sepanjang 350 meter itu ditaksir mencapai Rp300 miliar.

“Saat ini pembebasan lahan masih menunggu penyelesaian laporan studi kelayakan (feasibility study),” katanya.

Proyek infrastruktur lainnya juga bersinggungan dengan jalan di luar Palembang, yakni pembangunan jalan lingkar luar timur yang memerlukan dana senilai Rp3,66 triliun.

Diketahui, proyek yang menunjang kemudahan akses angkutan barang tersebut secara dokumen sudah siap, mulai dari FS, detail engineering design (DED) maupun Analisa dampak mengenai lingkungan (amdal) sejak 2009 lalu.

“Tak hanya jalan lingkar luar timur, Sumsel juga membutuhkan jalan lingkar luar barat. Secara dokumen pun sudah siap, dananya sekitar RP2,04 triliun,” katanya.

Selanjutnya, Deru menambahkan, pemprov juga mendorong pembangunan jalan pesisir timur Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

“Untuk proyek ini pemprov yang akan menyiapkan FS dan DED. Adapun dana yang dibutuhkan senilai Rp4,2 triliun,” ujarnya.

Sementara itu, anggota Komisi V DPR RI Ishak Mekki mengatakan pihaknya sudah menerima usulan pembangunan 6 proyek infrastruktur dari Pemprov Sumsel.

“Usulan sudah kami pegang dan nanti saat rapat kerja dengan kementerian terkait akan kami sampaikan. Harapannya dapat diakomodir di APBN 2020,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper