Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Stunting dan Jaminan Kesehatan Jadi Fokus Pemprov Sumut

Stunting dan Jaminan Kesehatan menjadi salah satu fokus utama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) dalam pembangunan daerah.
Ilustrasi anak 'stunting' atau kerdil yang antara lain disebabkan kurang gizi./Istimewa
Ilustrasi anak 'stunting' atau kerdil yang antara lain disebabkan kurang gizi./Istimewa

Bisnis.com, DELISERDANG – Stunting dan Jaminan Kesehatan menjadi salah satu fokus utama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) dalam pembangunan daerah.

"Stunting dan jaminan kesehatan menjadi isu kesehatan utama yang harus diselesaikan, terkait membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, ini akan menjadi fokus perhatian kita bersama untuk dapat segera diupayakan solusinya," jelas Sekretaris Daerah Pemprov Sumut Sabrina melalui keterangan resminya, dikutip Senin(18/11/2019).

Sabrina mengatakan untuk penanganan masalah stunting perlu adanya sinergi dan kolaborasi yang baik dari beberapa dinas. Dia mengatakan terkait hal tersebut, bukan hanya menjadi tanggung jawab Dinas Kesehatan, melainkan beberapa Dinas lainnya seperti Dinas PPPA untuk meningkatkan masalah gizi bagi ibu hamil hingga kesehatan reproduksi pada anak remaja.

“Faktor sanitasi juga mempengaruhi stunting, untuk itu Dinas PSDA juga akan terus berkaitan dengan masalah sanitasi, air bersih dan lain sebagainya. Semua hal itu menjadi bagian dari upaya pencegahan anak stunting," ujar Sabrina.

Selain itu, Sabrina juga mengingatkan pentingnya kegiatan promotif-preventif, yaitu kegiatan pelayanan kesehatan yang lebih mengutamakan kegiatan bersifat promosi kesehatan (promotif) dan pencegahan terhadap suatu masalah kesehatan/penyakit (preventif).

Sekdaprov juga mengajak agar masyarakat untuk merefleksikan sejauh mana keberhasilan pembangunan kesehatan yang telah dilaksanakan. "Kalian harus melihat sejauh mana keterlibatan lintas sektor dalam melaksanakan pembangunan kesehatan menuju Sumatera Utara yang Maju, Aman dan Bermartabat," ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Bupati (Wabup) Deliserdang HM Ali Yusuf Siregar mengatakan bahwa kesehatan adalah aset yang berharga. "Kita bebas melakukan apa pun yang kita inginkan, oleh karena itu menjaga kesehatan adalah hal yang patut kita lakukan, kalau bisa tak hanya sekedar menjaga saja, tapi mempersiapkan kesehatan yang baik untuk masa depan," ucap Ali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper