300 Personel Padamkan Karhutla Dekat Perusahaan PT DGS Sumsel

Sebanyak 300 personil gabungan dikerahkan untuk memadamkan dan mendinginkan gambut yang terbakar di areal dekat PT DGS, Desa Penyandingan, Kecamatan Tulung Selapan, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatra Selatan.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 20 September 2019  |  16:05 WIB
300 Personel Padamkan Karhutla Dekat Perusahaan PT DGS Sumsel
Personil gabungan satgas penanganan karhutla memadamkan api di areal dekat PT DGS, Desa Penyandingan, Kecamatan Tulung Selapan, Kabupaten OKI - Istimewa

Bisnis.com, PALEMBANG -- Sebanyak 300 personil gabungan dikerahkan untuk memadamkan dan mendinginkan gambut yang terbakar di areal dekat PT DGS, Desa Penyandingan, Kecamatan Tulung Selapan, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatra Selatan.

Ratusan personil tersebut berasal dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Manggala Agni, TNI/Polri, Brigade Dinas Perkebunan, Regu Pemadam Api (RPK) perusahaan serta relawan desa dikerahkan untuk memadamkan dan mendinginkan gambut yang terbakar di areal dekat PT. DGS.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten OKI, Listiadi Martin, mengatakan upaya itu merupakan tindaklanjut dari perintah Bupati OKI Iskandar saat meninjau lokasi tersebut pada Selasa, (17/9) lalu.

“Kita kerahkan kekuatan penuh dalam rangka pemadaman dan pendinginan lokasi. Operasi ini ditargetkan dalam 4 hari,” katanya, Jumat (20/9/2019).

Listiadi merinci satgas gabungan dibagi menjadi 20 kelompok dengan posko utama berada di Desa Penyandingan dan Posko lapangan di kantor PT DGS.

Dia menambahkan Satgas dilengkapi dengan peralatan berupa 20 unit traktor dari PT DGS, 20 unit mesin pompa, 1 unit ambulans dari Dinas Kesehatan OKI, beberapa unit drone pemantau serta bantuan 2 helikopter water bombing.

Selain upaya pemadaman, upaya sosialisasi dan pembinaan kepada masyarakat digencarkan. Kapolres OKI, AKBP. Doni Eka Saputra bersama Dandim 0402 OKI/OI serta Kalakha BPBD, Listiadi Martin dijadwalkan akan bersilaturahmi dengan masyarakat sekitar terdampak bencana.

“Setelah Magrib nanti Pak Kapolres, Pak Dandim dan BPBD akan sosialisasi dengan masyarakat di tiga desa sekitar, Penyandingan, Kayuara, Pulau Beruang,” katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
sumsel, Karhutla

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top