Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PLN Kucurkan Rp36 miliar, Amankan Tenaga Listrik Sail Nias 2019

PLN mengucurkan anggaran senilai Rp36 miliar guna membiayai pengamanan kelistrikan dalam penyelenggaraan Sail Nias 2019.
Ilustrasi/ANTARA-Muhammad Adimaja
Ilustrasi/ANTARA-Muhammad Adimaja

Bisnis.com, MEDAN--PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero) mengucurkan anggaran senilai Rp36 miliar guna membiayai pengamanan kelistrikan dalam penyelenggaraan Sail Nias 2019.

Direktur Bisnis Regional Sumatera PT PLN (Persero),Wiluyo Kusdwiharto mengatakan biaya yang dikeluarkan untuk pengamanan kelistrikan sebesar Rp36 miliar.

"Anggaran itu untuk membiayai mobilisasi dan operasional seluruh sumber daya pengamanan kelistrikan mulai dari 2 Agustus sampai dengan 16 September 2019," jelasnya dalam keterangan resminya Senin (10/9/2019).

Dia menjelaskan dari aspek SDM, PLN mengerahkan 124 orang untuk pengerjaan proyek dan 87 orang petugas piket siaga. Piket siaga dilaksanakan pada 3-16 September, selama 24 jam.

Biaya sebesar itu juga untuk membiayai pengerahan 15 unit genset berkapasitas total 1.050 kW dan 10 unit UPS dengan total daya 450 kVA. PLN juga melakukan pembangunan SKTM sepanjang 10,7 kms.

Kemudian pembangunan HUTM sepanjang 9 kms serta pembangunan 6 unit trafo distribusi berkapasitas total 1.400 kVA. Anggaran tersebut juga guna membiayai pembangunan HUTR sepanjang 2 kms.

Lebih rinci Wiluyo menjelaskan, PLN memobilisasi genset dan UPS sebagai penyuplai listrik cadangan di 10 lokasi pelaksanaan event. Antara lain di Pantai Tureloto (Nias Utara), Pantai Sirombu (Nias Barat), Lapangan Ororusa (Nias Selatan), Pelabuhan Baru (Nias Selatan) serta Aula BKPN (Nias Selatan).

Kemudian Taman Ya'ahowu (Gunungsitoli), Pantai Tagaule (Nias), Desa Bawomataluo (Nias Selatan) serta Pantai Sorakhe (Nias Selatan) genset cadangan juga ditempatkan di Rumah Dinas Bupati Nias Selatan yang akan dijadikan tempat menginap Presiden Joko Widodo.

Selanjutnya, PLN melakukan pembangunan SKTM antara lain di Jalan Diponegoro, Jalan Ahmad Yani dan di Desa Lauhagundri Sorakhe. Kemudian pembangunan dan rehab HUTM di Aula BKPN, Pelabuhan Baru Teluk Dalam, Pantai Sorakhe dan di Bawomataluo.

Sedangkan pembangunan dan rehab HUTR berlokasi di Pantai Tagaule dan Desa Bawomataluo. Sementara pembangunan trafo masing-masing di Lapangan Ororusa, Pantai Sorakhe, Aula BKPN dan Pelabuhan Baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper