Gubernur Riau Harap Masyarakat Nyaman Berobat Kanker di Kampung Sendiri

Gubernur Provinsi Riau Syamsuar berharap masyarakat di daerahnya dapat merasakan kenyamanan untuk berobat kanker di kampung sendiri, karena saat ini sudah ada dua pusat kanker di wilayah tersebut.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 21 Juli 2019  |  19:00 WIB
Gubernur Riau Harap Masyarakat Nyaman Berobat Kanker di Kampung Sendiri
Rumah sakit - Istimewa

Bisnis.com, PEKANBARU -- Gubernur Provinsi Riau Syamsuar berharap masyarakat di daerahnya dapat merasakan kenyamanan untuk berobat kanker di kampung sendiri, karena saat ini sudah ada dua pusat kanker di wilayah tersebut.

Syamsuar menjelaskan peran dari semua pihak yaitu pemerintah pusat, daerah hingga partisipasi swasta termasuk rumah sakit sangat diperlukan untuk menekan angka penderita penyakit kanker.
 
"Pusat kanker dari Awal Bros Pekanbaru ini langkah sangat baik, karena memberikan kemudahan bagi masyarakat Riau untuk menjalani perawatan, kami yakin dengan semakin banyaknya pengobatan penyakit khusus ini akan memberikan kenyamanan masyarakat saat berobat di kampung sendiri," katanya Minggu (21/7/2019).
 
Syamsuar mengakui saat ini penderita penyakit kanker semakin tinggi, karena itu dibutuhkan layanan pusat kanker untuk melayani para penderitanya.
 
Menurut data Diskes Riau dari pemeriksaan inspeksi visual asam asetat atau IVA test 2015-2016 yang diikuti sebanyak 13.013 perempuan, hasilnya tercatat IVA positif 679 orang, kanker serviks 17 orang, dan kanker payudara 71 orang.
 
Sebelumnya Pemprov Riau telah meresmikan layanan pusat kanker pertama di RSUD Arifin Achmad yang merupakan rumah sakit daerah provinsi pada Februari 2017 lalu.
 
Dengan bertambahnya layanan pusat kanker di Riau, Syamsuar berharap upaya pencegahan dan pengendalian kanker di Indonesia khususnya Riau bisa semakin ditingkatkan.
 
"Tentunya dengan ada pusat kanker ini, bisa mensosialisasikan tentang penyakit kanker kepada masyarakat dan sebagai corong pemerintah, karena selalu biasanya kanker diketahui sudah stadium empat dan terlambat lakukan deteksi dini," katanya.
 
Adapun Awal Bros Grup meresmikan layanan Pusat Kanker di RS Awal Bros Pekanbaru. Fasilitas ini mampu melayani sebanyak 80 sampai 100 pasien tiap hari.
 
CEO Awal Bros Grup Arfan Awaloeddin mengatakan layanan Pusat Kanker ini didirikan pihaknya untuk memenuhi kebutuhan dan meningkatnya kesadaran masyarakat dalam menjaga kesehatan, termasuk mengantisipasi penyakit kanker.
 
"Karena itu kami ingin menekan angka kematian akibat kanker, dengan bekerja sama berbagai pihak 
dalam menjalankan layanan pusat kanker di RS Awal Bros Pekanbaru," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
riau, gubernur riau, kanker

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top