Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasar Lelang Komoditas Agro Digelar di Lampung Barat

Dinas Perdagangan (Disdag) Provinsi Lampung menggelar pasar lelang komoditas agro di Liwa, ibu kota Kabupaten Lampung Barat, pada Rabu (3/7/2019).
Suasana pasar lelang komoditas agro di Liwa, Lampung Barat, Provinsi Lampung, pada Rabu (3/7/2019)./Antara
Suasana pasar lelang komoditas agro di Liwa, Lampung Barat, Provinsi Lampung, pada Rabu (3/7/2019)./Antara

Bisnis.com, LIWA, Lampung – Dinas Perdagangan (Disdag) Provinsi Lampung menggelar pasar lelang komoditas agro di Liwa, ibu kota Kabupaten Lampung Barat, pada Rabu (3/7/2019).

"Kegiatan pasar lelang komoditas agro merupakan media interaksi sektor agro agar bisa memanfaatkan teknologi informasi berbasis web dalam mendukung visi Pemprov Lampung dalam program gubernur, Lampung Berjaya," kata Kepala Dinas Perdagangan (Kadisdag) Provinsi Lampung Satria Alam.

Dia mengemukakan kegiatan pasar lelang komoditas agro merupakan program Kementerian Perdagangan (Kemendag) melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) yang tersusun dalam pelaksanaan tiga pilar program utama seperti, pasar lelang komoditi agro, sistem resi gudang, dan bursa komoditas berjangka.

Menurut dia, dalam misi kelima yaitu membangun kekuatan ekonomi masyarakat berbasis pertanian dan wilayah perdesaan agar seimbang terhadap wilayah perkotaan.

Provinsi Lampung, lanjutnya, merupakan pusat agrobisnis terkemuka dengan daya saing global dan berkelanjutan. Dengan media interaksi dalam wadah pasar lelang komoditas agro, diharapkan dapat membantu petani dan produsen di Lampung.

Satria Alam menjelaskan pada era globalisasi ekonomi dan dorongan perdagangan bebas, terjadi persaingan ketat di bidang perdagangan. Dia menilai hal itu perlu kepiawaian para petani dan produsen yang didorong oleh pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan pemerintah daerah

Oleh karena itu, ungkapnya, kepiawaian para pelaku pemasaran komoditas agro merupakan salah satu faktor yang sangat berpengaruh dalam proses pembentukan harga komoditas.

"Lampung salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki kontribusi dan berperan mendukung pertumbuhan ekonomi Nasional," ujar Satria.

Ketua Panitia pelaksanaa pasar lelang komoditas agro Ofrial yang juga Kabid Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perdagangan Provinsi Lampung menambahkan kegiatan pasar lelang komoditas agro tahun ini diikuti sekitar 60 orang peserta mulai dari petani, kelompok tani, gapoktan, pedagang, pengepul dan industri makanan ringan, baik dari dinas maupun usaha masyarakat.

"Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar yang berlangsung di aula Kantor Dinas Kesehatan Pemkab Lampung Barat," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper