Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Riau Inflasi 1,20 Persen Selama Juni 2019

Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau mencatat daerah itu mengalami inflasi sebesar 1,20 persen selama Juni lalu, dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 139,60.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 01 Juli 2019  |  17:32 WIB
Ilustrasi kegiatan di pasar tradisional - Antara
Ilustrasi kegiatan di pasar tradisional - Antara

Bisnis.com, PEKANBARU -- Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau mencatat daerah itu mengalami inflasi sebesar 1,20 persen selama Juni lalu, dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 139,60.

Kepala Bidang Statistik Distribusi Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau, Agus Nuwibowo mengatakan dari 3 kota acuan IHK di Provinsi Riau, semua kota mengalami inflasi, yakni Pekanbaru sebesar 1,30 persen, Dumai sebesar 0,80 persen dan Tembilahan sebesar 0,89 persen.

"Inflasi Riau pada Juni 2019 sebesar 1,20 persen, terjadi karena adanya kenaikan indeks harga konsumen yang cukup signifikan pada kelompok bahan makanan yang mengalami inflasi sebesar 4,56 persen," katanya Senin (1/7/2019).

Penyumbang kenaikan harga lainnya yaitu dari kelompok sandang sebesar 0,44 persen, kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 0,34 persen, kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau sebesar 0,21 persen dan kelompok kesehatan sebesar 0,003 persen.

Ia menjelaskan untuk komoditas yang memberikan andil terjadinya inflasi di Riau antara lain cabai merah, cabai hijau, bawang merah, daging sapi, tomat sayur, emas perhiasan, angkutan udara, rokok kretek filter, ketimun dan juga wortel.

Selain itu, ada pula kelompok pengeluaran yang mengalami deflasi yaitu kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar sebesar -0,01 persen dan kelompok pendidikan, rekreasi dan olahraga sebesar -0,002 persen.

"Komoditas yang memberi andil deflasi antara lain bawang putih, daging ayam ras, pepaya, jengkol, udang basah, jeruk dan petai," katanya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Inflasi bps riau
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top