Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sudah Terbakar 3.000 Ha, Riau Bersiap Hadapi Musim Kemarau

Pemprov Riau bersiap menghadapi musim kemarau yang berpotensi menimbulkan kebakaran hutan dan lahan.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 12 Juni 2019  |  17:11 WIB
Kebakaran hutan dan lahan perkebunan sawit rakyat terjadi di sejumlah tempat di Desa Bukit Kerikil Bengkalis dan Desa Gurun Panjang di Dumai, Dumai Riau, Senin (25/2/2019). - Antara/Aswaddy Hamid
Kebakaran hutan dan lahan perkebunan sawit rakyat terjadi di sejumlah tempat di Desa Bukit Kerikil Bengkalis dan Desa Gurun Panjang di Dumai, Dumai Riau, Senin (25/2/2019). - Antara/Aswaddy Hamid

Bisnis.com, PEKANBARU – Pemprov Riau bersiap menghadapi musim kemarau yang berpotensi menimbulkan kebakaran hutan dan lahan. Hingga saat ini luas karhutla sudah mencapai 3.000 hektare.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau Edwar Sanger mengatakan angka luas lahan terbakar di tahun ini mengalami penambahan sejak awal tahun, sampai Mei lalu.

"Kami terus lakukan patroli untuk mengantisipasi cuaca, juga adanya prediksi BMKG yang memperkirakan di Juni akan menjadi puncak musim panas di Riau," ujarnya pada Rabu (12/6/2019).

Sepanjang Ramadan dan Lebaran lalu, BPBD tetap bertugas seperti biasa untuk menjaga wilayah dari karhutla.

Selain musim kemarau di Juni, BPBD Riau saat ini mengantisipasi terjadinya karhutla selama musim keberangkatan haji mulai Juli mendatang.

Selanjutnya pada Agustus, upaya antisipasi karhutla dilakukan menjelang momen peringatan kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus.

"Target dan harapannya tahun ini Riau kembali bebas dari kabut asap karhutla, seperti tahun-tahun sebelumnya," ucapnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

riau Kabut Asap kebakaran hutan
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top