Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Realisasi APBD Riau Baru Capai 35 Persen

Pemprov Riau menyatakan angka realisasi anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) setempat sudah mencapai 35 persen. Pemda mendorong satuan kerja meningkatkan penyerapan di semester kedua tahun ini.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 12 Juni 2019  |  15:21 WIB
Kantor Gubernur Riau - wikipedia
Kantor Gubernur Riau - wikipedia

Bisnis.com, PEKANBARU -- Pemprov Riau menyatakan angka realisasi anggaran pendapatan dan belanja daerah setempat sudah mencapai 35 persen. Pemda mendorong satuan kerja meningkatkan penyerapan di semester kedua tahun ini.

Gubernur Riau Syamsuar mengatakan idealnya pertengahan tahun angka penyerapan anggaran sudah di posisi 50 persen.

"Harusnya minimal sudah 50 persen, sekarang ada yang mendesak yaitu pembahasan APBD perubahan 2019," kata Syamsuar, Rabu (12/6/2019).

Menurut Syamsuar, pembahasan anggaran perubahan ini harus segera dilakukan mengingat masih banyak program kerja pihaknya yang tidak masuk dalam APBD murni.

Hal itu disebabkan gubernur dan wagub saat ini baru dilantik pada Februari 2019, sedangkan APBD murni sudah disahkan pada akhir 2018.

Beberapa program kerja yang akan diupayakan masuk dalam anggaran perubahan misalnya pendidikan, kesehatan, hingga dukungan untuk dana desa dan kecamatan.

"Juga untuk bidang olah raga, khususnya pusat pendidikan latihan pelajar, sebagai persiapan mengikuti kompetisi olah raga tingkat regional dan nasional," kata Syamsuar. 

Sementara itu Sekretaris Daerah Provinsi Riau Ahmad Hijazi mengatakan realisasi APBD tahun ini tetap akan berjalan sesuai target.

"Realisasi di angka 35 persen saat ini tidak masalah, pengalaman di 2016 lalu saat menjabat di Agustus realisasi APBD saat itu masih di angka 28 persen," kata Ahmad.

Upaya yang dilakukan pihaknya guna mendorong realisasi APBD yaitu dengan mendorong satuan kerja untuk segera menggunakan anggaran di bulan berikutnya, yakni Juli dan Agustus.

Adapun pada akhir 2018 lalu, pemprov mengesahkan APBD 2019 senilai Rp9,185 triliun.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

anggaran apbd riau
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top