Abrasi Batas Negara Tiga Pulau Terluar Riau Diadukan ke Pusat

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau berjuang menyelesaikan persoalan abrasi di tiga pulau terluar yang ada di wilayah Provinsi Riau.
Abrasi Batas Negara Tiga Pulau Terluar Riau Diadukan ke Pusat Arif Gunawan | 27 Mei 2019 15:48 WIB
Abrasi Batas Negara Tiga Pulau Terluar Riau Diadukan ke Pusat
Sejumlah warga menyebrangi sungai Siak menggunakan jasa penyebrangan ojek sampan di Pekanbaru, Riau, Rabu (8/5/2019). Dengan adanya pembangunan infrastruktur jembatan yang semakin banyak di kawasan itu, membuat masyarakat mulai meninggalkan moda transportasi ojek sampan tersebut. - Antara/Rony Muharrman
Bisnis.com, PEKANBARU — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau tengah berjuang menyelesaikan persoalan abrasi di tiga pulau terluar yang ada di wilayah Provinsi Riau. Tiga pulau itu yakni Bengkalis, Rupat dan Rangsang, yang semuanya berbatas langsung dengan wilayah negara tetangga Malaysia.
 
Gubernur Riau Syamsuar mengatakan untuk menyelesaikan masalah di tiga pulau itu, pihaknya akan membawa hal tersebut ke pemerintah pusat.
 
"Karena sudah menyangkut kedaulatan negara, kami mengangkat masalah ini ke tingkat nasional agar dapat terselesaikan," katanya Senin (27/5/2019).
 
Menurutnya, Pemprov dan pemerintah pusat perlu mempertahankan tapal batas wilayah Indonesia yang berada di tiga pulau terluar ini. 
 
Hal itu disebabkan masalah abrasi yang terjadi pada tiga pulau tersebut, secara perlahan mengurangi batas wilayah negara Indonesia dengan tetangga Malaysia, sementara di sana terus bertambah karena dilakukan reklamasi.
 
Dia mengaku persoalan di tiga pulau terluar Riau ini sudah menjadi perhatian besar oleh Kementerian Koordinator Bidang Maritim, dan persoalan ini akan dibahas di lintas kementerian. 
 
"Kami diundang ke Jakarta membahas persoalan itu. Selasa nanti saya juga akan diundang khusus oleh Menko Maritim untuk membahas rencana aksi, untuk menyelesaikan persoalan abrasi di pulau-pulau terluar ini, yang melibatkan beberapa menteri terkait," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pulau terluar, tapal batas

Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top