Hadapi El Nino, BNPB Dorong Program Hujan Buatan

Untuk menghadapi musim kering akibat badai El Nino, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendorong program dari teknologi modifikasi cuaca (TMC) untuk menurunkan hujan buatan.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 04 Maret 2019  |  15:33 WIB
Hadapi El Nino, BNPB Dorong Program Hujan Buatan
Hujan buatan - Antara/Ilustrasi

Bisnis.com, PEKANBARU -- Untuk menghadapi musim kering akibat badai El Nino, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendorong program dari teknologi modifikasi cuaca (TMC) untuk menurunkan hujan buatan.

Kepala BNPB Letjen Doni Monardo mengatakan saat ini pihaknya fokus di kegiatan TMC, sebagai salah satu persiapan menghadapi El Nino.
 
"TMC ini harus dikembangkan terus, kita harus bersiap karena El Nino akan menjelang," katanya saat di Pekanbaru Senin (4/3/2019).
 
Menurut Doni, TMC ini terus dikembangkan oleh BPPT, sehingga dapat dimanfaatkan untuk menanggulangi karlahut di berbagai daerah, termasuk Provinsi Riau.
 
Dengan langkah ini, pihaknya meyakini kesiapan setiap daerah dalam menghadapi musim kemarau, sehingga ikut membantu pemerintah pusat menghemat anggaran bila harus melakukan pemadaman api karlahut.
 
Untuk kebakaran di Riau misalnya, saat ini BNPB sedang fokus ke daerah Pelalawan dan Kepulauan Meranti, setelah sebelumnya di Bengkalis yang masuk dalam tahap pendinginan dan kualitas udaranya sudah membaik.
 
Adapun di Riau saat ini tim BPPT sudah melakukan modifikasi cuaca dengan menyemai sebanyak 5 ton garam di Bengkalis dan Dumai. Total garam yang disiapkan di posko karlahut Riau mencapai 17 ton.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
riau, Kabut Asap, hujan buatan, kebakaran hutan

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top