Harga Getah Karet di Sumsel Tembus Rp8.500/Kg

Harga getah karet yang menjadi sumber penghasilan hampir sebagian besar masyarakat di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan, saat ini tembus di angka Rp8.500/kilogram.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 28 Februari 2019  |  23:39 WIB
Harga Getah Karet di Sumsel Tembus Rp8.500/Kg
Petani memanen getah karet di Banyuasin, Sumatra Selatan, Selasa (8/1/2019). - Antara/Nova Wahyudi

Bisnis.com, BATURAJA – Harga getah karet yang menjadi sumber penghasilan hampir sebagian besar masyarakat di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan, saat ini tembus di angka Rp8.500/kilogram.

"Harga getah karet dua mingguan saat ini mencapai Rp8.500/kilogram," kata salah seorang petani karet di Kecamatan Sosoh Buay Rayap, Ogan Komering Ulu (OKU), Perkasa di Baturaja, Kamis (28/2/2019).

Menurut dia, harga ini diakui petani karet di wilayah setempat cukup stabil jika dibandingkan dengan harga jual di tingkat pengepul beberapa bulan lalu yaitu hanya kisaran Rp6.500/Kg.

"Lumayanlah untuk harga jual sekarang ini cukup membuat kami semangat menyadap karet," katanya.

Hanya saja, kata dia, saat musim hujan seperti sekarang ini hasil produksi getah karet mengalami penurunan dibandingkan cuca normal karena banyak bercampur air hujan.

Biasanya dalam satu hektrare lahan kebun karet bisa memproduksi sebanyak 200 Kg getah karet, namun dimusim hujan ini mengalami penurunan hanya menghasilkan 150 kg. "Musim hujan hasil getahnya berkurang," katanya.

Meski demikian, lanjut dia, masyarakat di wilayah setempat yang mayoritas petani karet ini tetap menyadap pohon karet untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Kalau harga karet saat ini sudah cukup lumayan. Namun kami berharap harganya akan lebih meningkat lagi dan diiringi dengan kondisi getah yang mengucur dengan stabil dari batangnya," kata Darius petani karet lainnya menambahkan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
harga karet

Sumber : Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top