Pemkab Meranti Ingin Jemaah Calon Haji Tetap Berangkat dari Batam

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti menginginkan jemaah calon haji asal Meranti tetap diberangkatkan lewat embarkasi haji Batam, meski Provinsi Riau sudah memiliki embarkasi haji sendiri, di Pekanbaru.
Arif Gunawan | 14 Februari 2019 14:38 WIB
Jemaah haji di Mina: Pemkab Meranti ingin jemaah calon haji tetap berangkat dari Batam. - Reuters

Bisnis.com, PEKANBARU -- Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti menginginkan jemaah calon haji asal Meranti tetap diberangkatkan lewat embarkasi haji Batam, meski Provinsi Riau sudah memiliki embarkasi haji sendiri, di Pekanbaru.

Bupati Meranti Irwan Nasir dalam keterangan resmi menyatakan telah menyurati Kementerian Agama untuk meminta pemberangkatan jemaah calon haji (JCH) meranti tetap melalui embarkasi Batam.
 
"Kami mohon dan meminta kepada Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah untuk mengecualikan jemaah asal Kepulauan Meranti dalam penggunaan embarkasi antara Riau," kata Irwan, Kamis (14/2/2019).
 
Irwan menjelaskan bahwa jarak dari Kabupaten Meranti ke Batam cenderung lebih dekat ketimbang ke Pekanbaru. Keberangkatan JCH lewat Batam dinilai jauh lebih efektif karena ongkos perjalanan lebih murah.

Pemkab Meranti, kata Irwan, tetap mendukung penuh keberadaan Embarkasi Haji di Pekanbaru. Namun Irwan memberikan usulan sebaiknya embarkasi haji di Pekanbaru digunakan untuk keberangkatan JCH Riau daratan, sedangkan untuk wilayah Riau Pesisir, keberangkatan tetap melalui embarkasi Batam.

Saat ini Pemprov Riau tengah menunggu izin operasional embarkasi haji antara, dari pemerintah pusat untuk keberangkatan musim haji pada tahun ini. Persiapan pemprov untuk layanan embarkasi sudah dilakukan sejak 2016 lalu, tapi masih belum berjalan karena belum mendapat izin Kementerian Agama.

Tag : riau, Ibadah Haji, embarkasi
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top