Pertamina Hasilkan Inovasi Pertasurf31 untuk Padamkan Api

PT Pertamina (Persero) menargetkan produk inovasi hasil riset perseroan untuk pemadaman, Pertasurf31, dapat digunakan di semua lini usaha Pertamina pada tahun ini.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 11 Februari 2019  |  13:40 WIB
Pertamina Hasilkan Inovasi Pertasurf31 untuk Padamkan Api
Pegawai HSE Pertamina memadamkan api saat ujicoba Pertasurf31 di Pertamina RU III Plaju Palembang. Bisnis - Dinda Wulandari

Bisnis.com, PALEMBANG – PT Pertamina (Persero) menargetkan produk inovasi hasil riset perseroan untuk pemadaman, Pertasurf31, dapat digunakan di semua lini usaha Pertamina pada tahun ini.
 
Vice President Research & Technology Center PT Pertamina (Persero), Mas Putra, mengatakan pihaknya sudah melakukan uji coba untuk cairan pemadam yang dihasilkan pihaknya tersebut.
 
“Ini uji coba kedua yang dilakukan secara eksternal, hasilnya lebih baik dari pertama. Banyak penelitian kami yang baru di Tingkat internal karena butuh upaya lebih untuk keluar, namun untuk Pertasurf ini akan dipakai di semua lini usaha,” katanya di sela kegiatan uji coba Pertasurf31 dan pembukaan peringatan Bulan K3 di Pertamina Refinery Unit (RU) III Plaju, Palembang, Senin (11/2/2019).
 
Putra memaparkan Pertasurf31 merupakan  fire fighting foam yang terbuat dari bahan aman dan ramah lingkungan.
 
Foam tersebut, kata dia, memiliki tiga fungsi utama, yakni aqueoe film forming foam (AFFF) atau fire fighting foam, oil spill dispersant (OSD), dan degreaser atau biasa digunakan untuk membersihkan tanki.
 
Dia melanjutkan untuk melahirkan produk ini, RTC sudah meriset sejak 2018 dengan biaya yang relatif murah yakni Rp50-100 juta. Sementara untuk uji coba yang kedua hanya mengeluarkan dana Rp20 juta. 
 
Sementara itu General Manager PT Pertamina RU III Plaju, Yosua I. M. Nababan, mengatakan produk inovasi perseroan itu sangat dibutuhkan bagi industri migas.
 
“Pertasurf31 menjadi media untuk memadamkan api dan membersihkan tumpahan minyak ini merupakan produk yang sangat dibutuhkan untuk bisnis migas,” katanya.
 
Dia menilai Pertasurf 31 dapat memadamkan api kebakaran fuel dengan waktu yang relatif singkat yakni kurang dari lima menit jika dibandingkan produk yang selama ini digunakan oleh health, safety, and Environment training center (HSE TC), serta memberikan bentuk foam yang bagus dan stabil.
 
HSE TC Manager PT Pertamina, Yulius S. Bulo, menambahkan hasil uji cobaPertasurf 31 akan terus dilanjutkan, rencananya masih akan dikembangkan dan diuji coba di fasilitas Pertamina lainnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pertamina, plaju

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top