Warga Lampung Diimbau Waspada DBD

Masyarakat Lampung diimbau wajib mewaspadai penyebaran DBD yang kini marak di berbagi daerah.
Rustam Agus
Rustam Agus - Bisnis.com 08 Februari 2019  |  02:01 WIB
Warga Lampung Diimbau Waspada DBD
Petugas Dinas Kesehatan menunjukkan nyamuk saat melakukan kegiatan pemberantasan jentik nyamuk - ANTARA/Anis Efizudin

Bisnis.com, BANDARLAMPUNG--Masyarakat Lampung diimbau wajib mewaspadai penyebaran DBD yang kini marak di berbagi daerah.

Staf Ahli Menteri Kesehatan Bidang Ekonomi Kesehatan, H.M.Subuh mengatakan masyarakat harus mewaspadai penyebaran penyakit DBD.

"Apalagi frekuensi musim hujan yang tinggi," katanya di Bandarlampung seperti dikutip Antara, Kamis (7/2).

Menurutnya, dengan tingginya kasus penyakit DBD sejak dua bulan terakhir ini membuat semua jajaran kesehatan baik dinas, rumah sakit maupun puskesmas harus selalu siaga 24 jam.

Selain harus siaga, kata dia, para tenaga kesehatan juga dapat memberikan arahan dan informasi kepada warga, untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar agar terhindar dari penyakit DBD.

"Dengan datang ke setiap kampung, tenaga kesehatan harus bisa memberikan pemahaman kepada warga mengenai bahaya penyakit DBD tersebut," katanya.

Selain memberikan informasi dan pemahaman, masyarakat juga dapat melapor kepada petugas kesehatan terdekat seperti Puskesmas, untuk dapat diberikan serbuk abate atau dilakukan pengasapan.

Setelah mendapatkan laporan dari warga, terdapat kasus DBD, petugas kesehatan langsung melakukan pengasapan, ini dilakukan untuk membunuh nyamuk dewasa, dan mengurangi indukan nyamuk.

"Tingginya musim penghujan, membuat para tenaga kesehatan harus bekerja ekstra keras dengan memberikan sosialisasi dan pengarahan kepada warga tentang bahaya penyakit DBD," ujarnya.

Subuh mengimbau, agar pihak pemerintah kabupaten dan kota se Provinsi Lampung dapat memberikan pelayanan terbaik kepada korban terserang DBD, dan jangan sampai memakan korban selanjutnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
lampung, dbd

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top