Petani di OKU Inginkan Traktor Tangan

Kelompok Tani Tunas Inti Desa Batumarta I, OKU, Sumatra Selatan, masih memerlukan bantuan tambahan alat pertanian mesin traktor tangan.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 07 Januari 2019  |  21:18 WIB
Petani di OKU Inginkan Traktor Tangan
Ilustrasi: Petani merontokkan padi hasil panen. - Bisnis/Rachman

Bisnis.com, BATURAJA – Kelompok Tani Tunas Inti Desa Batumarta I, Kecamatan Lubuk Raja, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan, masih memerlukan bantuan tambahan alat pertanian mesin traktor tangan untuk membajak sawah guna ditanami bibit padi.

"Sejauh ini kami baru memiliki satu unit hand tractor bantuan pemerintah sehingga perlu ditambah agar petani lebih mudah membajak sawah," kata Ketua Kelompok Tani Tunas Inti Desa Batumarta I, Aman, di Baturaja, Senin (7/1/2019).

Menurut dia, keterbatasan alat pertanian tersebut menjadi kendala bagi petani dalam bercocok tanam karena butuh waktu yang cukup lama dalam membajak sawah dengan menggunakan satu unit hand tractor. "Minimal ditambah satu unit lagi agar petani tidak berebutan untuk menggunakan alat tersebut."

Dia berharap agar pemerintah memberikan bantuan tambahan alat pertanian tersebut kepada kelompok tani di wilayah itu mengingat dalam waktu dekat ini akan memasuki musim tanam.

"Untuk luasan lahan yang dimiliki masing-masing kelompok tani di Kecamatan Lubuk Raja saat ini sekitar 25 hektare. Dengan penambahan hand tractor tersebut proses tanam dapat dilakukan lebih cepat dan mudah," ujarnya.

Dia menjelaskan hand tractor adalah alat pertanian yang berfungsi mengolah tanah dengan cara kerja yaitu digerakkan oleh manusia atau petani itu sendiri untuk membajak sawah sehingga lebih mudah dalam bercocok tanam. Dengan alat ini petani lebih mudah membajak sawah sebelum ditanam bibit padi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
sawah, Ogan Komering Ulu

Sumber : Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top